Inidia Deretan Smartphone yang Akan Terima Ujicoba OS Android P

Rusmanto

Dipublikasikan 4 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Inidia Deretan Smartphone yang Akan Terima Ujicoba OS Android P
ilustrasi

WinNetNews.com - Android teranyar versi beta biasanya hanya tersedia untuk ponsel 'buatan' Google, seperti Pixel atau Nexus. Namun kejadiannya berbeda di Android P.

Khusus Android P, versi betanya akan tersedia untuk 7 ponsel lain di luar Pixel. Ke-7 merek ponsel yang bisa duluan mencicipi Android P tersebut adalah Nokia, Vivo, OnePlus, Xiaomi, Sony, Essential, dan Oppo.

Pengumuman ini dilakukan Google dalam pembukaan acara Google I/O 2018 di California, Amerika Serikat, yang diadakan mulai hari ini, Rabu (9/5/2018). Android P versi beta sendiri bakal tersedia di ke-7 ponsel tersebut mulai hari ini.

Sementara tipe ponsel yang bisa duluan mencicipi Android P Beta tersebut adalah Essential Phone, Oppo R15 Pro, Nokia 7 Plus, Sony Xperia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2S, Vivo X21, OnePlus 6 -- ponselnya belum dirilis --, dan tentu saja Pixel serta Pixel 2.

Langkah yang harus ditempuh agar bisa menggunakan Android P Beta itu pun masih sama seperti Android beta sebelumnnya, yaitu mendaftar ke Android Beta Program. Jika sudah mendaftar, perangkat tersebut akan mendapat pembaruan OS secara over the air (OTA).

Ada sejumlah fitur baru yang terdapat pada Android P, fitur-fitur jagoannya diklaim bisa mempermudah penggunaan ponsel. Seperti mengatur pembatasan waktu penggunaan aplikasi, mengubah layar menjadi monokrom di waktu tidur, atau menyembunyikan semua notifikasi ketika pengguna sedang liburan.

Namun perubahan dari Android Oreo ke P tak sekadar pada latar, melainkan juga dari segi tampilan. Google mengubah skema kontrol Android, yaitu menghilangkan tombol back, home, dan multitasking yang menjadi ciri khas Android, dan mengubahnya menjadi satu tombol saja. (detikcom)

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...