(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Inidia Dua Rekor NASA Diawal Tahun 2019

Rusmanto
Rusmanto

Inidia Dua Rekor NASA Diawal Tahun 2019 istimewa

WinNetNews.com - Pesawat antariksa Osiris-Rex milik NASA berhasil mencapai dan mengelilingi asteroid Bennu. Pencapaian ini berhasil memecahkan dua rekor sekaligus, setelah sebelumnya juga ada pencapaian lain lewat misi berbeda.

Osiri-Rex berhasil memasuki orbit Bennu yang berjarak 110 juta kilometer dari Bumi pada hari Senin (31/12/2018). Bennu merupakan objek luar angkasa paling kecil yang pernah dikelilingi oleh pesawat antariksa, dengan ukuran hanya 500 meter.

"Tim kami terus melanjutkan kesuksesan kami dengan menjalankan manuver orbit-insertion dengan sempurna," ujar peneliti utama Osiris-Rex dari University of Arizona, Dante Lauretta, dikutip dari Space, Rabu (2/1/2019).

"Memasuki orbit di sekitar Bennu merupakan pencapaian luar biasa yang telah direncanakan oleh tim kami selama bertahun-tahun," sambungnya. 

Tidak hanya memecahkan rekor dalam hal objek terkecil, Osiris-Rex juga memecahkan rekor jarak terdekat saat mengorbit objek di luar angkasa. Osiris-Rex kini mengelilingi Benu dengan jarak sekitar 1,6 kilometer dari permukaannya.

Osiris-Rex sendiri secara resmi tiba di Bennu pada tanggal 3 Desember 2018 dan terbang dalam satu formasi dengan asteroid tersebut hingga manuver terakhir. Setelah ini, Osiris-Rex akan diturunkan menuju permukaan Bennu untuk mengambil sampel Regolith, dan kemudian kembali ke Bumi pada tahun 2023. 

Ini merupakan rekor alias pencapaian historis kedua yang dicapai NASA di awal tahun 2019. Pesawat New Horizons milik NASA sebelumnya juga berhasil melakukan perjalanan menuju Ulthima Thule, yang berjarak 6,4 miliar kilometer dari Bumi. Itu merupakan perjalanan terjauh yang pernah dikendalikan umat manusia.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Rekor NASA Saat Pesawatnya Kunjungi Objek Terkecil Antariksa"

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});