Inidia Ponsel Pertama Nokia yang Dapat OS Android 9 Pie

Inidia Ponsel Pertama Nokia yang Dapat OS Android 9 Pie ilustrasi

WinNetNews.com - HMD Global mengumumkan ponsel Nokia pertama yang bisa mencicipi Android 9 Pie. Ponsel tersebut adalah Nokia 7 Plus, yang bergabung dalam jajaran ponsel non Google pertama yang mendapat pembaruan OS tersebut.

Pengumuman ini dikeluarkan oleh Juho Sarvikas, Chief Product Officer HMD Global dalam kicauannya. Selain Nokia 7 Plus, baru ada Essential Phone, 8 ponsel Motorola, dan OnePlus 6 yang sudah mencicipi Android 9 Pie, termasuk jajaran ponsel Google Pixel tentunya.

tweet

Dibanding versi sebelumnya, Android 9 Pie mempunyai sejumlah fitur baru seperti adaptive battere, cara navigasi anyar, serta tampilan notifikasi yang baru.

Dan Nokia 7 Plus, adalah ponsel non Google pertama yang mempunyai fitur Digital Wellbeing, salah satu fitur anyar yang menunjukkan kebiasaan penggunaan ponsel dan pemantau penggunaan aplikasi.

Proses pembaruan Android 9 Pie untuk Nokia 7 Plus saat ini sudah berlangsung secara bertahap. Ke depannya, Nokia 6.1 juga akan mendapat pembaruan Android 9 Pie itu, demikian dikutip dari The Verge, Minggu (30/9/2018).

Meski belum banyak ponsel yang mendapat pembaruan Android 9 Pie, masih tetap lebih cepat kehadirannya dibanding OS Android anyar beberapa tahun lalu. 

Hal ini bisa terjadi karena Project Treble, fitur di Android Oreo, yang membuat vendor ponsel bisa lebih mudah dan cepat dalam memperbarui OS ponselnya. (detikcom)