Inikah Ciri-ciri Fisik Orang yang Mau Meninggal?

Rusmanto
Rusmanto

Inikah Ciri-ciri Fisik Orang yang Mau Meninggal? ilustrasi
Winnetnews.com -  Menjelang kematian, umumnya tubuh mengalami berbagai perubahan yang biasanya terlihat secara fisik. Penting untuk mengetahui tanda-tandanya, agar keluarga dan orang yang ditinggalkan bisa lebih mempersiapkan diri secara mental. Walaupun pada praktiknya, menerima kenyataan bahwa orang terkasih akan segera meninggalkan Anda sampai kapan pun tidak akan pernah membuat Anda siap.

Namun, dengan mengetahui ciri-ciri fisiknya, Anda dan keluarga bisa melakukan perawatan yang bisa meringankan saat orang terkasih Anda mengalaminya.

Tanda-tanda perubahan fisik seseorang menjelang kematian

Tidak semua orang yang meninggal mengalami ciri-ciri ini, terutama orang yang meninggal secara mendadak. Akan tetapi, ciri-ciri ini merupakan tanda umum yang biasanya terjadi pada orang yang mendekati ajal.

Perubahan pada jantung dan sistem sirkulasi tubuh

1. Aliran darah melambat

Karena aliran darah bermasalah, kulit akan terlihat seperti berbintik-bintik dan mengalami perubahan warna. Bintik dan warna kebiruan pada kulit yang terlihat di bagian atas tubuh, yaitu dari pinggul hingga kepala, mencirikan tanda kematian yang lebih dekat dibandingkan dengan perubahan yang terlihat di bagian bawah tubuh.

Jika Anda melihat ciri ini, usahakan untuk memberikan perawatan pada kulit yang terkena, misalnya dengan memberikan pelembap. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan apakah orang terkasih Anda mengalami ketidaknyamanan tertentu sehingga Anda bisa melakukan perawatan yang tepat sesuai keluhan.

2. Menurunnya aliran darah di serebral otak

Kondisi ini mengakibatkan seseorang mengalami penurunan tingkat kesadaran. Selain itu, kondisi ini juga membuat seseorang merasa mengantuk terus menerus dan terkadang mengalami disorientasi (linglung). Jika orang terkasih Anda mengalami hal ini, maka biarkan ia beristirahat. Namun, tetap pantau kondisinya, siapa tahu ia membutuhkan pertolongan.

3. Penurunan output jantung dan volume cairan dalam pembuluh darah

Dalam kondisi ini seseorang terkadang mengalami takikardia, atau detak jantung di atas normal saat beristirahat. Jika orang normal berdetak 60-100 kali per menit, maka orang yang mengalami takikardia umumnya lebih dari 100 detak per menit. Selain itu, kondisi ini juga mengakibatkan seseorang mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah yang bisa mengakibatkan kegagalan organ.

Apa Reaksi Kamu?