Inikah Jamur Awet Muda?

Inikah Jamur Awet Muda?

Selasa, 19 Jan 2016 | 20:15 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Sekarang ini tambahkan nama Tremella fuciformis ke dalam perbendaharaan kata di kamus kecantikan Anda sebagai bahan perawat kulit.

T.fuciformis memiliki bentuk agak membulat dan penampakan yang seperti bunga. Sekilas T.fuciformis lebih mirip bunga dibanding jamur.

Jamur ini juga dikenal sebagai jamur salju karena warnanya yang putih seperti salju. Hanya saja, jangan dulu beranggapan kalau jamur ini akan membuat kulit Anda seputih kulit Elsa di film Frozen.

"Jamur ini akan membantu menambah kelembapan kulit. Fungsinya sama seperti asam hialuronat," kata Dendy Engelman, direktur dari dermatologic surgery di Metropolitan Hospital di New York, dikutip dari Allure.

Asam hialuronat mampu menyimpan air 1000 kali beratnya dari air. Sehingga senyawa ini menjadi salah satu sumber alami untuk melembapkan kulit.

 

Selain itu, jamur salju juga memiliki keunggulan lainnya dibanding sumber asam hialuronat lainnya. "(Jamur salju) ini memiliki partikel yang lebih kecil dari asam hialuronat sehingga lebih mudah menembus kulit," katanya.

Hanya saja, dia menambahkan perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang sifat perawatan kulit dari bahan alami tersebut sebelum benar-benar dinyatakan sebagai jamur ajaib.

Jamur ini memang sekilas terlihat sangat menjanjikan untuk merawat kulit. Sifat jamur yang seperti spons ini dianggap jadi salah satu daya tariknya. Christina Chang dan Sarah Lee dari laman kecantikan Korea, Glow Recipe menguji coba jamur ini secara ilmiah lewat akun media sosialnya.

"Kami mengambil sedikit jamur salju kering, mungkin separuh ukuran kartu kredit dan air hangat sebanyak 3,7 liter," kata Chang.

 

"Kami mengambil video time-lapse, dan dalam waktu setengah jam, jamur kering ini menyerap air dan mengembang seperti bunga."

Sebenarnya, jamur salju ini bukanlah jenis jamur yang baru. Jamur ini sudah lama dikenal dalam kuliner tradisional China. Salah satunya sup jamur. Jamur ini juga sudah lama dikenal sebagai bahan tambahan dalam pengobatan di Asia, dan juga perawatan kulit.

Kembali ke zaman kerajaan dinasti Tang, selir Yang Guifei, yang terkenal di China karena kecantikannya, membuka rahasia bahwa jamur inilah yang memberikannya penampilan awet muda.

(seperti dilansir dari CNN Indonesia)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...