Inikah Kepribadian Pemilik Golongan Darah B?

Rusmanto
Rusmanto

Inikah Kepribadian Pemilik Golongan Darah B? ilustrasi
Winnetnews.com - Dari 4 golongan darah, golongan darah B adalah tipe golongan darah yang punya segudang keunikan dari sisi karakterisitk atau kepribadian pemiliknya. Benarkah demikian? Berikut ini sejumlah fakta golongan darah B, baik dari segi klinis seperti risiko penyakit, dan sifat golongan darah B yang perlu Anda ketahui dan refleksikan ke diri sendiri.

Sebagaimana kita ketahui, golongan darah terdiri dari golongan darah A, golongan darah B, golongan darah AB, dan golongan darah O. Golongan darah B beserta golongan darah lain selanjutnya terbagi lagi berdasarkan jenis rhesus (Rh).

Total ada 8 golongan darah, yaitu:

  • Golongan darah A+ dan A-
  • Golongan darah B+ dan B-
  • Golongan darah AB+ dan AB-
  • Golongan darah O+ dan O-

Tanda (+) menunjukkan jika golongan darah mengandung antigen tambahan yang disebut rhesus (Rh). Sebaliknya, tanda (-) menunjukkan jika di dalam permukaan sel darah merah tidak terdapat faktor rhesus (Rh).

Golongan darah B terbentuk dari kombinasi antara antigen B dan antibodi A. Golongan darah B hanya bisa menerima transfusi dari sesama golongan darah B, dan golongan darah O, dengan syarat kedua golongan darah memiliki faktor rhesus yang sama.

Transfusi dari golongan darah dengan rhesus berbeda akan memunculkan reaksi yang bisa membahayakan si penerima transfusi atau donor darah.
 

Fakta Golongan Darah B, Paling Jarang Sakit?

Sama seperti golongan darah lainnya, golongan darah B juga punya sejumlah fakta unik dari segi medis maupun karakter golongan darah B. Apa saja fakta golongan darah B?

  1. Golongan Darah B, Golongan Darah Terbanyak Ke-3

    Dari 4 golongan darah yang ada, golongan darah B berada di tempat ketiga golongan darah terbanyak yang dimiliki umat manusia di dunia. Di atas golongan darah B adalah golongan darah O yang menjadi golongan darah terbanyak, kemudian disusul oleh golongan darah A.
     
  2. Bisa Mendonorkan Darah ke Pemilik Golongan Darah AB

    Jika golongan darah B hanya bisa menerima transfusi atau donor darah dari sesama golongan darah B dan golongan darah O, maka untuk urusan mendonorokan darah, golongan darah yang satu ini—selain bisa mendonorkan darah ke golongan darah B—juga bisa mentransfusi darah ke pemilik golongan darah AB (Asalkan faktor rhesus keduanya sama).
     
  3. Tidak Bisa Makan Makanan Berlemak Terlalu Banyak

    Fakta golongan darah B kali ini mungkin agak mengecewakan bagi Anda pemilik golongan darah B yang gemar mengonsumsi makanan berlemak seperti daging sapi, ayam, atau kambing.

    Himbauan ini bukannya tanpa alasan. Makanan berlemak semisal daging ayam ditengarai dapat menyebabkan aglutinasi lektin, yakni penggumpalan darah yang bisa berujung pada kerusakan aliran darah dan menghasilkan penyakit stroke dan gangguan autoimun.

    Nah, sifat golongan darah B membuatnya lebih rentan untuk mengalami kondisi aglutinasi ini ketimbang golongan darah lainnya. Oleh sebab itu, baiknya batasi konsumsi makanan penuh lemak, ya.
     
  4. Golongan Darah B Tidak Mudah Sakit

    Melansir thrombocyte, golongan darah B adalah golongan darah yang memiliki daya tahan paling baik di antara golongan darah lainnya sehingga para pemilik golongan darah ini biasanya tidak mudah terserang penyakit.

    Kendati demikian, golongan darah B disebut-sebut mudah merasa stres dan depresi. Guna mengatasi hal ini, pemilik golongan darah B disarankan untuk melakukan sejumlah aktivitas fisik yang menyehatkan, seperti olahraga tenis, mendaki gunung, dan martial arts.
     
  5. Diet Golongan Darah B

    Untuk urusan diet atau pilihan makanan, seseorang yang memiliki golongan darah B disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan berlemak. Sebaliknya, pemilik golongan darah B dianjurkan untuk mengonsumsi sejumlah makanan, di antaranya:
     
    • Wortel
    • Brokoli
    • Anggur
    • Nanas
    • Pepaya
    • Susu rendah lemak
    • Telur
    • Oatmeal
    • Ikan salmon

    Anda yang bergolongan darah B, apakah rutin mengonsumsi makanan-makanan tersebut? Jika ya, maka pertahankan kebiasaan baik ini. Jika belum, mulai dari sekarang masukan makanan-makanan di atas ke dalam daftar menu harian Anda demi tubuh yang lebih sehat bebas penyakit.
     

Sifat dan Karakter Golongan Darah B

Ketika membicarakan golongan darah, maka hal ini acap kali dikaitkan dengan sifat dan karakter pribadi dari pemilik golongan darah tersebut, tak terkecuali sifat pemilik golongan darah B.

Orang-orang di negara seperti Jepang dan Korea Selatan disebut sangat memercayai bahwa golongan darah menentukan kepribadian seseorang. Bahkan di Jepang, golongan darah menjadi poin penting ketika perusahaan hendak merekrut pegawai.

Percaya tidak percaya, berikut ini karakter golongan darah B yang perlu Anda ketahui.

  1. Optimistis

    Karakter golongan darah B yang pertama adalah optimistis. Ya, pemilik golongan darah B cenderung santai dan tidak terlalu cemas kala menghadapi suatu kendala di kehidupannya. Mereka percaya bahwa setiap masalah pasti ada solusinya. Si golongan darah B juga tetap bersikap tenang dan ceria kala menyelesaikan problematika yang tengah dihadapi. Untuk urusan percintaan, pemilik golongan darah B siap dan optimis mengejar kebahagian bersama pasangan yang dicintainya.
     
  2. Apa Adanya

    Satu hal positif yang dimiliki oleh orang-orang bergolongan darah B adalah, mereka selalu bersikap apa adanya. Mereka tak segan-segan untuk menyampaikan ketidaksukaannya terhadap sesuatu yang dianggap salah.

    Bagi orang lain, hal ini kerap menimbulkan citra negatif di diri golongan darah B. Namun percayalah, karakter golongan darah B yang satu ini justru menjadikan Anda orang yang jujur dan anti kemunafikan. Sesuatu yang dibuat-buat itu tidak baik, bukan?
     
  3. Mencintai Kebebasan

    Anda yang memiliki pasangan bergolongan darah B, sebaiknya jauhi sifat otoriter dan serba ‘mengekang’. Karakter golongan darah B adalah suka dengan kebebasan. Mereka benci jika harus terkekang dan tak segan untuk memberontak kala merasa kebebasannya terbatas.

    Jadi, jadilah pasangan yang liberal jika hubungan Anda tetap langgeng, ya. Lagipula, seperti yang dibahas pada poin sebelumnya, golongan darah B sangat anti terhadap kepalsuan sehingga tak ada yang perlu dikhawatirkan dari dirinya kala sedang tidak bersama Anda.
     
  4. Kreatif

    Kreatif adalah karakter golongan darah B lainnya yang patut Anda syukuri jika Anda termasuk salah satu yang dianugerahi golongan darah ini. Daya imajinasi yang tinggi membuat si pemilik golongan darah B kerap menelurkan ide-ide yang out of the box.

    Kreativitas ini juga lah yang menjadikan golongan darah B sebagai pasangan anti-bosan. Selalu saja ada hal-hal menarik yang ia ciptakan guna membuat hubungan selalu berwarna.
     
  5. Tidak Peka

    Sayangnya, pemilik golongan darah B punya sifat atau karakter yang terkesan tidak peka alias ‘cuek’. Seringkali mereka tidak menyadari jika sedang terjadi sesuatu di lingkungannya, atau bahkan dalam hubungannya dengan pasangan. Benar begitu?
     

Itu dia informasi mengenai golongan darah B beserta karakter golongan darah B. Perihal sifat, semuanya tentu kembali lagi kepada diri kita masing-masing. Namun, apakah sifat-sifat tersebut memang sesuai dengan Anda saat ini? Semoga bermanfaat!

 

 

 


Artikel ini telah tayang di doktersehat.com dengan judul "5 Fakta Golongan Darah B dan Kepribadian Pemiliknya, Anda Setuju?"
 

Apa Reaksi Kamu?