Inikah Tanda Bila Usus Sudah Mulai Kotor?
ilustrasi

Inikah Tanda Bila Usus Sudah Mulai Kotor?

Senin, 13 Jan 2020 | 06:18 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Setiap hari kita mengonsumsi makanan dan minuman demi mendapatkan energi dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh organ tubuh demi melakukan berbagai macam fungsinya. Masalahnya adalah, berbagai makanan dan minuman ini juga bisa membuat usus menjadi kotor. Sebenarnya, seperti apa sih tanda dari usus yang sudah kotor?

Tanda Usus Sudah Kotor

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa gejala kesehatan yang bisa kita alami jika usus berada dalam kondisi kotor. Apalagi jika sampai di bagian usus dipenuhi dengan kotoran. Berikut adalah berbagai tanda tersebut.

1. Mengalami Sembelit

Jika kita mengalami sembelit atau susah buang air besar hingga beberapa hari, maka kotoran di dalam usus pun menumpuk. Tak hanya membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman, penumpukan kotoran ini bisa membahayakan kesehatan. Bahkan, bisa jadi hal ini memicu radang usus buntu yang sangat menyakitkan.

Seringkali, sembelit disebabkan oleh pola makan yang buruk, khususnya yang terlalu banyak lemak atau kurang serat. Hanya saja, beberapa hal lain seperti stres atau konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebabnya.

2. Mengalami Nyeri pada Beberapa Bagian Tubuh

Tak hanya sakit perut, pakar kesehatan menyebut beberapa bagian tubuh lain juga bisa mengalami nyeri akibat usus yang kotor seperti di kepala, punggung, hingga kaki. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mewaspadai gejala ini karena bisa jadi hal ini menandakan bahwa usus sudah terinfeksi bakteri atau jamur yang bisa menyebabkan masalah kesehatan lebih serius.

3. Tubuh yang Mudah Lelah

Tubuh yang mudah lelah tak melulu karena aktivitas fisik terlalu berat atau kurang tidur. Bisa jadi hal ini juga terkait dengan kondisi pencernaan yang buruk, tepatnya usus yang berada dalam kondisi kotor.

Hal ini disebabkan oleh kotoran, sisa makanan, limbah, dan berbagai zat beracun lainnya yang tak kunjung dibuang akan masuk kembali ke aliran darah dan akhirnya mempengaruhi fungsi berbagai macam organ dan membuat kita mudah lelah. Hal ini juga akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun drastis dan akhirnya memicu datangnya masalah kesehatan.

4. Menyebabkan Bau Mulut

Bau mulut tak selalu disebabkan oleh malas membersihkan gigi dan mulut. Dalam realitanya, hal ini juga bisa disebabkan oleh usus yang kotor. Sisa makanan yang menumpuk di dalam saluran pencernaan berimbas pada keluarnya gas lewat mulut. Hal ini tentu akan menyebabkan sensasi tidak nyaman.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...