Inikah yang Membuat COVID-19 Kembali Meningkat di Indonesia?

Rusmanto

Dipublikasikan 10 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Inikah yang Membuat COVID-19 Kembali Meningkat di Indonesia?
detikcom
Winnetnews.com -  Empat hari berturut-turut kasus harian COVID-19 Indonesia tembus angka seribu, naik dibandingkan selama beberapa pekan sebelumnya. Penyebab pastinya masih dipelajari, namun sejumlah dugaan mengerucut ke beberapa faktor pemicu.

Salah satunya adalah munculnya subavrian baru BA.4 dan BA.5 yang masih satu kerabat di bawah varian Omicron. Seperti yang sudah-sudah, kemunculan varian baru selalu diikuti dengan kenaikan kasus.

"Nah sekarang pun, kenaikan kasus yang mungkin terjadi saat ini adalah dipengaruhi oleh subvarian baru yaitu BA.4 maupun BA.5," kata Juru bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril, berbicara dalam diskusi daring, Kamis (16/62022).

Kemunculan varian baru bukan satu-satunya kemungkinan penyebab COVID-19 ngegas lagi. Makin rendahnya disiplin menerapkan protokol kesehatan seiring makin dilonggarkannya pembatasan, diyakini juga meningkatkan interaktivitas warga.

Terkait tren tersebut, Syahril mengingatkan untuk tidak bereaksi berlebihan, baik panik maupun euforia. Menurutnya, yang terpenting saat ini adalah memastikan kenaikan COVID-19 kali ini tetap terkendali.

"Naik turunnya kasus termasuk nanti angka hospitalisasi atau mungkin nanti juga angka kematian, merupakan bagian atau dinamika dari kita masih masa pandemi," tegasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "COVID-19 RI Kok Ngegas Lagi Sih? Ternyata Ini Biang Keroknya"


 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...