Inilah 10 Makanan Paling Sehat di Dunia

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Inilah 10 Makanan Paling Sehat di Dunia Foto: Ilustrasi
Winnetnews.com - Menjaga kesehatan itu adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tak hanya berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat juga bisa menjadi cara untuk menjaga kesehatan. Seperti beberapa makanan ini yang berhasil masuk ke dalam daftar sepuluh besar karena kaya nutrisi dan pastinya baik untuk kesehatan.

1. Dark chocolate

Dark chocolate adalah jenis coklat yang memiliki kandungan antioksidannya yang bekerja menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan aliran darah. Caranya dengan melebarkan pembuluh darah, sehingga otomatis ini juga baik untuk jantung. Kalau kamu sering mendengar bahwa cokelat itu baik untuk meningkatkan mood, itu benar. Pasalnya, coklat itu bisa mereduksi hormon stres yang ada didalam tubuh. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan adalahdark chocolate ini bisa mencegah kanker, mencegah penuaan dini, dan menyuburkan rambut.

2. Almond

Almond termasuk ke dalam kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan tubuh. Almond bisa menurunkan kolesterol jahat, mengontrol diabetes, memperkuat tulang, membuat jantung jadi sehat, melancarkan kinerja otak, melancarkan pencernaan, mengobati maag, menambah energi, memperkuat sistem imun, dan mengurangi asma.

3. Apel

Buah yang sering dikonsumsi banyak orang ini ternyata memiliki banyak nutrisi antara lain potasium, kalsium, zat besi dan zinc. Apel juga bagus untuk kamu yang sedang diet karena mengandung serat dan bisa membuang kolesterol jahat dalam tubuh. Zat flavoidnya berfungsi menurunkan risiko kanker. Asam tartar yang dapat melancarkan pencernaan dan membunuh bakteri jahat dalam saluran pencernaan.

4. Alpukat

Buah bewarna hijau ini memiliki zat yang bisa mengurangi resiko kanker. Selain itu, alpukat juga memiliki vitamin K yang bagus untuk kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Ada juga zat lutein dan zeaxanthin yang bisa menjaga kesehatan mata.

5. Salmon

Ikan satu ini memang terkenal karena nutrisinya. Kandungan omega 3 dalam salmon sangat baik bagi kesehatan jantung, bisa juga mengurangi terjadinya peradangan yang merusak pembuluh darah. Fungsi lainnya dari omega 3 adalah menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah.

6. Bawang putih

Bumbu masakan satu ini juga bagus unutk kesehatan tubuh. Karena ada senyawa bernama diallyl trisulfida yang dipercaya baik sebagai pengobatan penyakit jantung. Senyawa yang sama juga berfungsi melawan bakteri penyebab infeksi pada usus. Ada juga senyawa organo sulfur yang berfungsi membasmi sel kanker otak. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan adalah bisa mengurangi risiko terkena pilek.

7. Pisang

Buah berwarna kuning ini mengandung kalium yang sangat tinggi dan baik bagi fungsi saraf, fungsi otot, serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kalium baik untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Vitamin C pada pisang cukup tinggi, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Kentang

Kentang ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh manusia yakni bisa mencegah penyakit ginjal, karena zat besi di dalamnya bisa menolak endapan batu ginjal di sistem jaringan. Kentang juga bisa meningkatkan kecerdasan otak, karena vitamin B6-nya.

9. Bayam

Sayuran yang sering muncul di film animasi Popeyes ini memang memiliki kandungan bernama folic acid yang menjadi suplemen pada ibu hamil untuk mencegah kecacatan pada bayinya.

Selain itu, ada juga Vitamin K yang membantu kesehatan tukang, vitamin A untuk mata, serta vitamin C untuk sistem imun tubuh. Bayam juga kaya akan zat besi yang penting membangun sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

10. Kenari

Kacang kenari memiliki kandungan yang sehat yaitu bisa membuat sel endotel membaik. Sel endotel terletak dalam sel darah. Sel inilah yang diserang penyakit diabetes untuk melumpuhkan pembuluh darah. Jika sel ini berfungsi baik, maka pembuluh darah terlindungi.

 

 

Apa Reaksi Kamu?