(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Inilah 4 Dampak Negatif Bawa Pulang Pekerjaan ke Rumah!

Rani
Rani

Inilah 4 Dampak Negatif Bawa Pulang Pekerjaan ke Rumah!

WinNetNews.com - Di era modern masa kini, persaingan hidup semakin ketat. Siapa yang kuat dialah yang mampu bertahan. Termasuk juga di ranah pekerjaan. Untuk mendapatkan karir yang cemerlang membutuhkan perjuangan yang sangat keras.

Semua orang punya target hidup yang harus dilampaui. Deadline pekerjaan menjadi suatu hal yang tak bisa terbantahkan lagi. Ketika deadline dari kantor semakin menghimpit, waktu pun terasa sangat sempit.

Sampai-sampai waktu dan jam kerja di kantor pun tidak cukup untuk meng- cover semua tuntutan-tuntutan tersebut. Tak jarang, keadaan ini memaksa para pekerja untuk mengerjakan tanggung jawab di luar jam kerja.

Fenomena melembur di rumah saat hari libur sudah menjadi hal yang sering sekali ditemui. Tapi, tahukah Anda bahwa memaksakan diri membawa pekerjaan kantor ke rumah bukanlah pilihan yang baik.

Memang jika pekerjaan deadline itu adalah tuntutan dan harus segera diselesaikan. Selain itu pekerjaan tersebut adalah tanggung jawab yang tidak bisa Anda tinggalkan begitu saja.

Tetapi alangkah baiknya Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk membawa pekerjaan Anda sebagai PR di rumah pada hari libur.

1. Mengganggu Keseimbangan Hubungan dengan Keluarga

Ketika dalam kesehariaan Anda terbiasa bekerja di kantor dan tidak pernah bekerja di rumah, maka respon dari keluarga Anda tentu akan berbeda. Meskipun mereka berusaha untuk menerima keadaan baru Anda ini, namun tetap saja akan mengurangi keseimbangan hubungan kekeluargaan Anda.

Meskipun sedikit, tapi jika dibiarkan lebih lama, maka akan menjadi bumerang untuk Anda. Ingatlah dengan pribahasa "sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit". Namun berbeda halnya, jika dalam keseharian Anda memang bekerja di rumah, keluarga akan terbiasa dan sangat memaklumi aktivitas Anda.

 

2. Anda Akan Sulit untuk Fokus

Bagi Anda yang tidak pernah bekerja di rumah, fokus menjadi masalah utama Anda dalam bekerja. Kesulitan fokus dalam menyelesaikan pekerjaan ini bisa disebabkan oleh banyak hal jika berada di rumah. Contohnya, gangguan dari anak, adik, keponakan, atau bahkan orang tua yang meminta bantuan Anda.

3. Berkurangnya Kualitas Istirahat

Membawa pulang pekerjaan kantor Anda ke rumah tentu akan mengganggu waktu istirahat Anda. Biasanya pada saat weekend kita bisa bersantai di rumah, namun ketika ada deadline yang harus dikerjakan di rumah, bersantai ria tak akan masuk lagi dalam list weekend Anda.

Santai atau istirahat yang berkualitas sangat diperlukan ketika Anda sedang berada dalam posisi tertekan. Alhasil harapan Anda membawa pekerjaan Anda ke rumah agar pekerjaan bisa sesegera mungkin untuk diselesaikan akan menjadi harapan palsu.

Baca juga artikel: Apa Manfaat Tidur Bagi Otak?

Bahkan hal terburuk bisa terjadi, Anda bisa bertambah depresi. Ketika waktu istirahat yang berguna untuk mengisi ulang energi Anda menjadi berkurang.

4. Kehilangan Tingkat Kepercayaan Diri

Hal penting yang harus diperhatikan, kurangnya waktu istirahat yang berkualitas, secara fisik maupun psikis akan berpengaruh terhadap berkurangnya tingkat kepercayaan diri Anda. Istirahat yang kurang secara otomatis akan memberikan respon negatif secara otomatis dalam tubuh Anda.

Penampulan Anda menjadi tidak ramah, wajah kusut, dan tubuh yang tidak fresh . Kemudian secara tidak langsung ini bisa membuat Anda dipandang sebagai pribadi yang kurang bisa menghargai diri sendiri. Orang pun berpikir bahwa Anda adalah pribadi yang tidak menarik lagi.

Bagaimana menurut Anda? setelah membaca dan mempertimbangkan hal-hal di atas, masihkah Anda ingin membawa pulang pekerjaan Anda ke rumah?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});