(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Inilah 4 Penyebab Handphone Bisa Meledak

Oky
Oky

Inilah 4 Penyebab Handphone Bisa Meledak Sumber foto : Istimewa

Winnetnews.com - Kasus ponsel meledak yang merenggut korban jiwa bukan kali pertama terjadi. Sudah banyak kasus orang meninggal akibat ponsel meledak saat sedang di-charge.

Mengisi ulang daya baterai ponsel sebenarnya merupakan hal biasa yang sekilas tidak berbahaya. Namun, jika terjadi masalah pada proses itu, bukan tak mungkin menimbulkan efek yang fatal.

Ternyata ada berbagai hal yang menyebabkan terjadinya ledakan pada ponsel. Nah, apa saja penyebab ponsel meledak saat sedang di-charge? Simak ulasan yang dihimpun Solopos dari Gadget.

1. Baterai Rusak

Kondisi baterai yang sudah rusak menjadi salah satu penyebab ponsel meledak. Penggunaan baterai yang sudah cacat memicu korsleting dan menyebabkan ponsel meledak. Baterai yang sudah tak layak pakai biasanya menggembung.

2. Charger Kualitas Rendah

Pemakaian charger berkualitas rendah juga sebaiknya dihindari untuk menjaga umur ponsel. Anda juga tidak boleh sembarangan memakai charger untuk mengisi daya baterai ponsel.

Tidak semua charger memiliki fitur yang sama. Jadi, bukan tidak mungkin proses pengisian daya baterai terganggu jika Anda sembarangan menancapkan kabel charger.

3. Kepanasan

Ponsel bisa saja meledak jika diletakkan di dekat sumber yang panas, seperti kompor, lampu, pemanas ruangan, maupun perangkat elektronik lain. Saat daya baterai diisi ulang, maka suhu ponsel akan meningkat.

Kondisi ini bakal menimbulkan bahaya jika ponsel diletakkan dekat dengan sumber panas. Saat baterai kepanasan akan terjadi reaksi penambahan temperatur yang memicu ledakan.

4. Ponsel Terjatuh

Ponsel terjatuh adalah hal yang biasa terjadi. Kebanyakan orang menganggap remeh hal tersebut. Sebab, kerusakan akibat hal tersebut tidak langsung terlihat. Namun, jika terjadi berulang kali, insiden tersebut memicu kerusakan baterai yang akhirnya memicu ledakan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});