Inilah 4 Wanita yang Berpengaruh di Indonesia
Sumber Foto : Istimewa

Inilah 4 Wanita yang Berpengaruh di Indonesia

Senin, 28 Jan 2019 | 13:47 | Oky

Winnetnews.com - Sebagai wanita kita sering merasa bahwa kita dibatasi oleh keadaan sekitar kita, dibatasi dengan anggapan bahwa seharusnya wanita itu dirumah dan melakukan pekerjaan rumah seperti mengurus anak, mencuci, menyapu dan lain-lain. Anggapan bahwa wanita dianggap lebih lemah daripada pria ini disebut budaya patriarki. Kita tidak bisa menghapuskan budaya patriarki tapi kita bisa membuktikan bahwa wanita itu tidak lemah.

Teruntuk generasi muda wanita kita harus semangat belajar dan membuktikan bahwa kita bisa melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh pria. Membuktikan bahwa wanita juga tangguh dan bisa jadi pemimpin yang bisa membawa pengaruh kepada masyarakat. Berikut adalah 4 wanita yang bisa kita jadikan inspirasi untuk menjadi pemimpin yang berpengaruh untuk sekitar.

  1. Megawati Sukarnoputri


    image0

    Megawati Sukarnoputri lahir di Yogyakarta, 23 Januari 1947. Anak dari Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno. Megawati adalah Presiden Indonesia yang kelima periode 23 juli 2001 sampai 20 oktober 2004 dan juga presiden wanita pertama di Indonesia.
  2. Sri Mulyani Indrawati

    image1


    Sri Mulyani Indrawati lahir di Bandar Lampung, 26 Agustus 1962. Sri Mulyani adalah Menteri Keuangan pada era pemerintahan Jokowi. Tahun 2017, ia menerima penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan FinanceAsia. Tahun 2018, ia menerima penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik Timur oleh Global Markets. Penghargaan yang diterima Sri Mulyani ini merupakan penghargaan internasional. Ada juga penghargaan yang lebih besar lagi yaitu sebagai Menteri Terbaik di Dunia oleh World Government Summit 2018. Beberapa penghargaain tersebut yang membuat ia menjadi wanita berpengaruh di Indonesia.
  3. Susi Pudjiastuti


    image2

    Susi Pudjiastuti lahir di Pangandaran, Jawa Barat, 15 Januari 1965. Susi Pudjiastuti dikenal sebagai pengusaha, usaha yang ia dirikan adalah pabrik pengolahan ikan yang bernama PT ASI Pudjiastuti Marine Product, perusahaanya terkenal dengan produk lobsternya yang mencakup pasar luar negeri juga. Kemudian Susi Pudjiastuti juga mendirikan perusahaan penyewaan pesawat yang bernama PT ASI Pudjiastuti Aviation. Ia juga merupakan  Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja 2014-2019. Kesuksesan yang ia raih merupakan hasil kerja keras yang ia lakukan membuatnya menjadi wanita berpengaruh di Indonesia.
  4. Tri Rismaharini


    image3

    Tri Rismaharini lahir di Kediri, Jawa Timur, 20 November 1961. Ia merupakan walikota surabaya dalam dua periode (2010-2015, 2015-2020). Ia merupakan pemimpin yang tegas, dan ceplas-ceplos. Prestasi yang mengundang perhatian masyarakat adalah berhasilnya ia menutup lokalisasi prostitusi terbesar di Asia Tenggara yaitu Dolly. Ia berusaha mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan dengan memberdayakannya sesuai skil mereka masing-masing.

Berikut adalah 4 wanita berpengaruhi di Indonesia, mereka adalah contoh bahwa wanita Indonesia juga bisa menjadi pemimpin yang sukses dan berpengaruh untuk mengubah Indonesia menjadi jauh lebih baik. Keberhasilan mereka dalam berkerja semoga dapat kita jadikan inspirasi untuk para wanita untuk semangat berkerja.

 

Ditulis oleh Farah Citra Azzahra

Mahasiswi London School of Public Relations

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...