(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Inilah 5 Destinasi Wisata Kebumen Yang Wajib Kamu Coba!

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Inilah 5 Destinasi Wisata Kebumen Yang Wajib Kamu Coba!

Wisata di Pulau Jawa memang tidak ada habisnya. Walaupun belum se-terkenal Bali dan Kawan-kawannya, tapi kamu patut berbangga hati karena beberapa destinasi di Kebumen ini masih sangat alami, alias belum banyak dijamahi oleh wisatawan. 

1. Curug Kedondong atau yang sering disebut Curug Gunungsari

image0

berada di Desa Gunungsari Kecamatan Karanggayam, Kebumen. Curug dengan ketinggian 23 meter ini dapat ditempuh dengan jarak 26km dari kota Kebumen. Yang unik dari curuh ini adalah air terjun ini turun merayap perlahan di antara tebing bebatuan.

Karena curug ini belum banyak yang tahu, jadi suasananya masih sangat alami. Dari permukiman warga, kamu cukup berjalan kaki sejauh 450 meter melewati ladang atau kebun milik warga sekitar.

Curug ini belum resmi dikelola menjadi tempat wisata jadi belum ada akses masuk maupun fasilitas. Tidak ada kolam untuk berendam cantik di bawah curug ini, tapi kamu bisa foto-foto di antara bebatuan dan air curug sebagai backgroundnya.

2. Curug Wringin

image1

Buat kamu yang suka cliff jumping, curug ini wajib kamu datangi. Curug Wringin berlokasi di Desa Pujotirto, Kecamatan Karangsembung. Lokasinya tersembunyi di antara kebun warga setempat dan lagi- lagi curug ini belum banyak yang mendatangi. Dari desa terakhir, kamu cukup trekking sekitar 30-45 menit.

Selain cocok buat cliff jumping, kolam di curug ini cocok bangat buat berenang karena luasnya yang mencapai 6 meter. Tapi, kamu harus berhati-hati, karena kedalaman kolam bisa mencapai 4-6 meter.

3. Curug Sawangan

image2

di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Air terjun ini diklaim sebagai air terjun tertinggi di Kebumen dan lokasinya bahkan tidak terlalu jauh dari pantai Nogosari.

Dari Sawangan bisa dijangkau dari Desa Karangduwur atau Desa Argopeni. Jalan menuju lokasi curug sudah dilengkapi jalan setapak dan anak tangga. Tapi kalau kamu berada di Jalan Raya Ayah – Karangbolong di Desa Argopeni, kamu tinggal jalan kurang dari 1 km untuk mencapai lokasi curug. Pesona dari curug ini adalah, kamu bisa langsung melihat keluasan samudera Hindia.

4. Pantai Menganti

image3

Siapa yang tidak tahu dengan Pantai Manganti di Kebumen ini. Pantai ini emang pantai yang paling bagus banget pemandangannya. Berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Pantai Manganti terkenal dengan pasir putih dan panorama perbukitan atau tebing karst. Pantai ini berlokasi kurang lebih 35 Km dari Kota Gombong dan 42 Km dari Kota Kebumen.

Di sekitar kawasan pantai kamu juga bisa berkunjung ke Tebing Bidadari, Menara Mercusuar, dan Tanjung Karangbata. Buat pecinta surfing, jangan lupa bawa perlengkapan surfingmu yak. Pantai ini udah dilengkapi macam-macam fasilitas seperti warung makan, tempat parkir, home stay, villa, mushola, dan mck.

5. Pantai Pecaron

image4

berada di Kecamatan Ayah dan berada tidak jauh dari Pantai Ayah atau Pantai Menganti. Melewati bukit terjal dengan kemiringan sekitar 45 derajat, cocok banget buat kamu yang suka berpetualang. Akses menuju pantai ini bisa dicapai dari Kantor Kecamatan Bulu Pesantren ke Barat menuju lokasi pantai Suwuk. Dari Pantai Suwuk, kamu belok kiri aja.

Untuk masuk ke kawasan Pantai Lampon, kamu cukup membayar Rp. 2500 per orang, dan Rp. 2000 untuk memarkirkan kendaraanmu. Di pantai ini, kamu bisa merasakan kesejukan sungai kecil yang bermuara langsung ke laut. Selain menawarkan suasana hening dan pesona pasir pantai, pantai ini juga siap menggodamu dengan keindahan tebing-tebing batu. Cocok tuh buat foto-foto.

Sumber dari Ngadem(dot)com

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});