Inilah Akibat Terlalu Banyak Makan Daging

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Inilah Akibat Terlalu Banyak Makan Daging

Wingamers – Protein merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan harus didapatkan setiap hari melalui makanan yang dikonsumsi. Beberapa sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi manusia diantaranya adalah daging, ikan, telur, keju, dan susu.

Protein diketahui dapat membangun otot membuat perut lebih kenyang lebih lama setelah makan. Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan, hal baik tersebut akan berubah menjadi penyakit. Melansir laman dreamersradio, berikut akibat terlalu banyak mengkonsumsi daging. Check this out.

1. Bau mulut

Saat usupan protein lebih banyak dibandingkan karbohidrat, tubuh bisa memasuki status ketosis, yaitu di mana tubuh membakar lemak dan diubah sebagai energi. Hal ini memang bisa menurunkan berat badan tapi dampaknya nafas menjadi bau karena terjadi pembakaran lemak, zat kimia yang disebut ketones juga akan diproduksi dan keluar mellaui mulut, menurut seorang ahli diet Jessica Cording.

2. Moody

Perubahan suasana hati yang tidak teratur juga bisa menjadi dampak karena terlalu banyak mengkonsumsi asupan protein. Kekurangan asupan karbohidrat akan membuat otak memproduksi serotonin, hormon yang mengatur mood.

3. Merusak ginjal

Saat kita mendapat asupan protein dari berbagai makanan, tubuh juga mendapat hasil sampingan dari nitrogen yang membuat ginjal bekerja lebih untuk menyaring darah. Jika asupan protein normal, produk sampingan nitrogen itu bisa dikeluarkan melalui air seni, tapi jika berlebihan, ginjal akan bekerja lebih keras dan bis amenyebabkan kerusakan.

4. Berat badan naik

Dalam sebuah penelitian jangka panjang yang melibatkan 7000 orang dewasa, menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi 90% protein lebih memiliki kemungkinan untuk menambah berat badan dibandingkan dengan mereka yang lebih bervariasi dan seimbang asupan nutrisinya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});