Inilah Alasan Kalau Makan Manis Selalu Merasa Haus

Inilah Alasan Kalau Makan Manis Selalu Merasa Haus Foto: Pexels

WinNetNews.com - Sering merasa haus setelah makan manis? Mengapa makanan manis itu bisa membuat kita merasa sangat haus? Yuk kita baca penjelasannya berikut ini!

Dr. Caroline Apovian, seorang profesor di departemen endokrinologi, diabetes dan gizi di Boston University School of Medicine, mengatakan bahwa alasannya berkaitan dengan lonjakan kadar gula darahmu.

"Bila kalian memakan gula ke dalam sistem tubuhmu, itu pertama kali masuk ke perutmu, dan kemudian masuk ke aliran darahmu," katanya, seperti dikutip dari Health.

Begitu partikel gula mencapai darah, air bergerak keluar dari sel dan masuk ke dalam darah, untuk mengembalikan keseimbangan dalam darah. Saat sel kehilangan air, mereka mengirim sinyal ke otak yang menunjukkan bahwa mereka membutuhkan lebih banyak H2O. Hasil? kalian merasakan dorongan untuk menyesap sesuatu.

"Karena glukosa diserap oleh usus dan masuk ke aliran darah dengan cukup cepat, kalian mungkin merasa haus dalam 5 atau 10 menit." katanya.

(Rasa haus yang kalian rasakan segera setelah noshing kemungkinan disebabkan oleh tindakan makan itu sendiri, dia menunjukkan, dan tidak ada perubahan dalam gula darahmu.)

"Cara terbaik untuk mengatasi haus yang disebabkan gula adalah dengan segelas H2O," kata Apovian, meskipun kalian mungkin menginginkan sesuatu yang lebih manis, seperti jus, limun atau coklat panas.

Kalau minum minuman manis setelah makan manis, ini tidak akan menghilangkan rasa hausmu.

"Kalian tidak hanya membingungkan sistem keseimbangan energi dengan memasukkan lebih banyak gula ke dalam tubuh, tapi juga kalori yang kosong." katanya.