Inilah Alasan Mengapa Anda Sering Menguap

Inilah Alasan Mengapa Anda Sering Menguap

Wingamers - Menguap terus menerus umumnya dikatakan sebagai tanda ketidaktertarikan dengan orang lain. Namun, meskipun menguap dapat diartikan sedang mengantuk, tapi bisa jadi menguap berlebihan merupakan sinyal kondisi dari kesehatan yang tidak pernah Anda sadari.

Melansir laman metro, berikut ulasan penyebab Anda sering menguap. Let’s check this out !

1. Test liver Anda

Apabila menguap semakin meningkat setiap harinya tanpa perasaan lelah yang menghampiri Anda, solusinya adalah melakukan test liver atau hati. Soalnya, ada kemungkinan Anda mengalami gagal hati.

2. Menderita multiple sclerosis (MS)

Terdapat sebuah studi baru menyatakan bahwa orang yang menderita multiple sclerosis menderita disfungsi thermoregualtory (ketidakmampuan untuk mengontrol suhu tubuh mereka) yang menyebabkan terjadinya serangan menguap.

3. Kesehatan otak

Alasan lain mengapa Anda sering menguap, itu bisa disebabkan radang otak yang terjadi karena stroke. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa menguap berlebihan adalah gejala umum pada pasien yang menderita lesi di batang otak mereka.

4. Epilepsi

Atau, banyak-banyak menguap itu karena Anda mengalami masalah epilepsi. Biasanya, iritasi ini menyebabkan otak untuk mengirimkan sinyal abnormal sehingga membuat Anda cepat menguap.

5. Obat

Obat yang Anda konsumsi juga memiliki andil mengapa Anda gemar menguap. Sebab, ada beberapa obat-obatan seperti SSRI (selective serotonin reuptake inhibitor), antihistamin yang bisa menyebabkan kantuk.

6. Gangguan tidur

Dalam beberapa kasus, Anda banyak menguap itu karena mempunyai apnea tidur (gangguan tidur) seperti insomnia, ngorok dan sebagainya. Jadi, saat Anda terjaga membuat Anda selalu menguap karena kurangnya tidur yang cukup.

7. Kelelahan

Masalah umum yang hampir melanda semua orang adalah kelelahan. Saat tubuh merasa lelah atau stres, Anda cenderung akan banyak menguap.