(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Inilah Alur Perpindahan Bagasi Lion Air

Rani
Rani

Inilah Alur Perpindahan Bagasi Lion Air
WinNetNews.com - Baru-baru ini terungkap kasus pencurian bagasi penumpang maskapai Lion Air di Bandara Soekarno Hatta. Sungguh ironis, pelakunya tak lain adalah petugas porter yang bersekongkol dengan petugas keamanan maskapai Lion Air.

Lalu, bagaimana alur perpindahan bagasi para penumpang Lion Air dan dimana sajakah celah-celah yang bisa memberikan kesempatan bagi para tikus bagasi itu beraksi? Simak ulasan berikut ini yang kami kutip dari Detiknews.

1. Check In Bagasi

Penumpang melakukan check in bagasi pada petugas Lion Air di bandara. Saat Check In, bagasi diberi label rute dan jadwal penerbangan. Setelah melalui rangkaian pemeriksaan dan pendataan oleh petugas check in, bagasi ditaruh di conveyor.

2. Area Conveyor

Bagasi penumpang melalui conveyor diterima oleh petugas ground handling/self handling di make up area.

3. Make Up Area

Di sini jumlah bagasi didata oleh petugas. Porter memilih bagasi sesuai rute dan memindahkannya ke troli barang. Di area ini ada sekuriti yang bertugas mengawasi porter. Ada 6 CCTV yang terpasang di area ini. Ada meja dan kursi yang biasa digunakan untuk tulis menulis. Di meja itu juga ada lacinya.

 

4. Area Lambung Pesawat

Bagasi penumpang yang sudah dipilih diangkut menggunakan troli barang ke area lambung pesawat. Petugas kembali melakukan pengecekan sebelum barang dimasukkan ke pesawat. Di area ini porter memindahkan barang ke lambung pesawat, sayangnya di sini hanya ada porter yang bertugas dan tidak ada CCTV.

Setelah bongkar muat bagasi dan pengecekan lainnya, petugas melapor kepada pilot. Barulah pesawat lepas landas.

4. Penurunan Bagasi dari Lambung Pesawat

Bagasi yang berada di lambung pesawat diturunkan oleh porter ke troli barang. Ada petugas sekuriti yang mengawasi di area ini.

5. Break Down Area

Bagasi yang berada di troli barang masuk ke break down area. Di area ini bagasi penumpang dipilih-pilih untuk dimasukan ke conveyor. Ada 5 CCTV yang terpasang.

6. Conveyor

Bagasi ditaruh di conveyor oleh porter dan diawasi oleh sekuriti.

7. Bagasi Sampai ke Penumpang

Penumpang yang sudah menunggu di area pengambilan bagasi bisa mengambil barang bawaan mereka. Jika terjadi kehilangan penumpang bisa melaporkan ke counter lost and found. Petugas melakukan pengecakan terakhir barang sebelum dibawa penumpang dengan mencocokkan barcode.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});