Inilah Batasan Makan Daging dalam Sehari
ilustrasi

Inilah Batasan Makan Daging dalam Sehari

Kamis, 6 Jun 2019 | 11:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Hari raya Idulfitri biasanya identik dengan makanan-makanan lezat yang kaya dengan daging. Sebagai contoh, kita tentu bisa dengan mudah menemukan opor ayam, rendang, gulai, sambal goreng ati, dan makanan dengan bahan utama daging lainnya saat lebaran, bukan? Masalahnya adalah, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi daging-dagingan dengan berlebihan demi menjaga kondisi tubuh.

Batasan makan daging dalam sehari

Meskipun tinggi nutrisi seperti protein, zat besi, vitamin, dan lain-lain, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan daging-dagingan, khususnya daging merah seperti daging kambing atau daging sapi. Daging putih seperti daging ayam atau daging ikan biasanya dianggap jauh lebih sehat meskipun tentu saja konsumsinya sebaiknya dibatasi agar tidak berlebihan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi konsumsi daging harian maksimal 80 hingga 100 gram setiap hari atau sekitar 2 atau 3 potongan daging dengan ukuran sedang. Hal ini berarti, meskipun rasanya sangatlah nikmat, kita sebaiknya memang tidak mengonsumsinya lebih dari batasan tersebut.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan cara pengolahan daging. Jika daging ini digoreng, diberi tambahan tepung, atau dijadikan makanan bersantan, bisa jadi makanan ini bisa menyebabkan kenaikan kadar kolesterol yang bisa membahayakan kesehatan jantung atau pembuluh darah. Selain itu, kita juga sebaiknya tidak mengonsumsi daging bakar dengan berlebihan karena adanya kemungkinan adanya kandungan karsinogen penyebab kanker.

Daging olahan seperti sosis, nugget, atau daging ham juga sebaiknya dibatasi konsumsinya karena terbukti mampu menyebabkan datangnya penyakit berbahaya seperti hipertensi dan kanker.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...