(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Inilah Beberapa Penyebab Mengapa Secara Tak Sadar Kamu Suka Makan Berlebihan

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Inilah Beberapa Penyebab Mengapa Secara Tak Sadar Kamu Suka Makan Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Ungkapan tersebut pun juga berlaku bagi siapapun yang mengonsumsi sesuatu dengan berlebihan, termasuk makanan. Yap, dalam jangka panjang, hal ini bisa menimbulkan penyakit.

Namun terkadang secara tak sadar, kita sering sekali mengonsumsi makanan secara berlebihan karena beberapa faktor. Dilansir dari dreamersradio, inilah alasan mengapa secara tidak sadar kamu suka makan berlebihan:

1. Karena melewatkan sarapan

Jika melewati waktu sarapan, maka ada kemungkinan kamu akan makan berlebihan saat makan siang karena ‘balas dendam’ untuk rasa lapar di pagi hari. Hal ini bisa menimbulkan ketidakseimbangan dalam tubuh, yang akan berdampak buruk pada kesehatan.

2. Karena makan dengan mangkuk atau piring besar

Hindari gunakan mangkuk atau piring besar saat makan. Ada kecenderungan makan berlebihan karena ukuran piring yang lebih besar dari biasanya. Kamu direkomendasikan untuk selalu menggunakan piring kecil agar bisa menjaga porsi makan.

3. Karena makan sambil nonton tv

Jangan terlalu fokus dengan tontonan di televisi saat sedang makan, karena secara tidak sadar kamu akan terus mengunyah. Kamu harus selalu memberikan 100% perhatian pada makanan yang dikonsumsi. Hal ini bisa memudahkan kamu mendapat sinyal jika memang sudah benar-benar merasa kenyang.

4. Karena ingin menyenangkan teman

Makan berlebihan bisa terjadi karena kamu diminta teman untuk menemaninya makan dan akan merasa tak enak jika menolaknya. Hal ini bisa membuat makan jadi berlebihan bahkan meskipun sebenarnya kamu sudah kenyang.

5. Karena terlalu banyak pilihan

Hal ini bisa terjadi ketika terlalu banyak variasi makanan dan kamu ingin melahap semuanya. Kamu bisa melahap semuanya, asalkan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Cara ini bisa membantumu agar tak makan berlebihan namun juga tetap menikmatinya.

6. Karena tidak makan snack sama sekali

Siapa bilang semua snack buruk untuk kesehatan? Cobalah makan snack saat kamu merasa lapar. Snack seperti buah-buahan, salad, dan biskuit sehat bisa membantumu merasa kenyang. Cara ini bisa menahan kita agar tak makan berlebihan.

7. Karena depresi

Meski tak berlaku bagi beberapa orang, namun rasa depresi karena kesedihan akan cenderung membuatmu makan berlebihan. Hal ini bisa berdampak buruk kesehatan, apalagi jika makanan yang dikonsumi penuh lemak yang bisa menimbulkan penyakit. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});