Inilah Cara Agar Kamu Tidak Terserang Penyakit Karena Polusi
Foto: CNN

Inilah Cara Agar Kamu Tidak Terserang Penyakit Karena Polusi

Selasa, 8 Mei 2018 | 12:17 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Lebih dari 90% dari populasi dunia bernafas di udara yang melanggar pedoman kualitas udara yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Tentu saja hal ini bisa meningkatkan risiko kanker paru-paru dan infeksi saluran pernapasan, termasuk stroke, penyakit jantung dan penyakit paru obstruktif kronik.

Situasi ini telah mencapai titik kritis, meskipun sudah ada upaya untuk menyelesaikan masalah ini. "Orang-orang telah mencobanya," kata Sumita Khatri, co-direktur Asma Center di Cleveland Clinic. "Tapi itu bisa menjadi masalah yang berkelanjutan." seperti dikutip dari CNN .

Minggu ini, peringatan polusi udara yang dikeluarkan di Sydney, Australia, karena kelebihan gas ozon dalam kota. Batas polusi udara tahunan telah dilanggar di London untuk 2017. Tingkat polusi menjadi sangat tinggi di Paris pada akhir 2016 dan kejadian ini kini tengah dialami Cina, yang terus menghadapi kekhawatiran yang sedang berlangsung atas kabut asap, yang pada puncaknya, menyebabkan penutupan sekolah dan pabrik.

Polusi udara menyebabkan satu dari sembilan kematian di seluruh dunia, menurut kampanye BreatheLife dipimpin oleh WHO dan Koalisi Iklim dan Air Bersih. Kampanye ini memberikan informasi tentang bagaimana dampak polusi udara bagi kesehatan dan tingkat kematian yang di sebagian besar kota dan negara-negara di seluruh dunia. Tingkat kematian di masing-masing negara bervariasi secara dramatis, dengan lebih dari 1 juta kematian akibat penyakit yang berkaitan dengan polusi udara di China setiap tahun, dan sekitar 38.000 di Amerika Serikat.

Berikut ada beberapa cara agar kamu tidak terserang penyakit akibat polusi udara yang semakin berbahaya:

1. Kelilingi dirimu dengan udara yang bersih

Menurut EPA, tinggal di dalam rumah, di sebuah bangunan dengan udara yang tersaring, adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi kadar polutan yang masuk ke paru - paru kamu.

"Kami menyarankan orang tinggal di dalam rumah, menutup jendela dan menggunakan AC," kata Khatri, yang menawarkan saran untuk penderita alergi secara teratur. Bagi orang-orang tanpa AC, pembersih udara adalah pilihan lain.

2. Pilih perlindungan wajah yang efektif

Alat pelindung diri, termasuk masker wajah, mungkin tampak seperti tindakan ekstrim, tetapi ketika pergi keluar di mana paparan pada polusi memang tinggi, masker mungkin terbukti bermanfaat. Secara umum, para ahli menyarankan pada orang untuk menghindari pergi ke luar saat polusi sedang berbahaya. "Pikirkan tentang apa yang Anda lakukan sehari - hari ketika polusi berada pada tingkat tinggi," kata Holloway.

3. Bersihkan rumah kamu

Ini tentang "melindungi dari apapun yang akan mengenai Anda," kata Khatri, yang menawarkan saran untuk penderita alergi tentang cara terbaik untuk membersihkan rumah mereka, yang akan menghapus polusi - polusi. Karpet harus dihindari jika mungkin dan disarankan "menghapus bagian bawah dengan sesuatu yang basah" bukan disapu begitu saja. "Jadi Anda tidak terkena debu yang berterbangan saat Anda mencoba untuk membersihkan". katanya. EPA juga menyarankan mengepel basah lantai untuk mengurangi debu dan menghindari pembersih vakum yang tidak memiliki filter HEPA. Itu juga disarankan bahwa orang tidur di ruangan yang bersih, dengan sedikit jendela dan pintu mungkin untuk mengurangi eksposur saat kamu tidur.

4. Mandilah setelah kamu sudah sampai di rumah

Selain membersihkan rumah, Khatri memiliki satu bagian tambahan dari saran: yaitu membersihkan diri. "Ketika Anda pulang ke rumah, mandi untuk mengurangi keterpaparan yang sedang berlangsung," katanya. Itu mungkin tampak jelas, tetapi jrang sekali orang melakukan ini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...