(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Inilah Cara Agar Tidak Lesu Akibat Kurang Tidur di Malam Hari

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Inilah Cara Agar Tidak Lesu Akibat Kurang Tidur di Malam Hari

WinNetNews.com – Sulit tidur atau yang biasa disebut insomnia, pasti hampir dialami setiap orang. Bagi yang sedang mengalami sulit tidur, ketika pagi hari tubuh terasa lemas, lesu, lelah dan tak bersemangat menghadapi hari.

Mengutip Huffington Post, Ini lima strategi yang bisa Anda lakukan agar bisa menghadapi hari secara normal meskipun kurang tidur. Yuk disimak!

1. Bangun Pagi Seperti Biasa

Usahakan bangun sesuai waktu biasanya Anda bangun pagi dan lakukan aktivitas sesuai rutinitas. Persiapkan segala keperluan Anda seperti biasanya. Jika memungkinkan lakukan olahraga ringan, dan usahakan sarapan ringan seperti sandwich, telur rebus atau oatmeal. Secangkir atau dua cangkir teh hijau mungkin bisa membantu menyegarkan tubuh dan otak. Kandungan L-theanine pada teh hijau bisa membuat pikiran Anda lebih tenang.

2. Manfaatkan Sinar Matahari

Begitu bangun, keluarlah dan hirup udara pagi, serta nikmati sinar matahari pagi sekitar 30 menit. Sinar matahari pagi meningkatkan serotonin, hormon bahagia yang bisa membuat tubuh dan pikiran lebih bersemangat sekaligus meningkatkan mood. Selain itu juga membantu menstabilkan ritme sirkadian pada tubuh sehingga membuat tidur Anda lebih nyenyak malam hari berikutnya.

3. Hindari Kafein Berlebih

Sebaiknya hindari konsumsi minuman berkafein tinggi, seperti kopi atau energy drink. Jauhi juga makanan atau minuman yang tinggi kandungan gulanya. Kafein memang bisa meningkatkan energi secara drastis, begitu juga gula namun efeknya hanya sementara. Begitu efeknya hilang, tubuh justru makin terasa lemas dan lesu. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi minuman atau makanan kaya nutrisi yang rendah gula.

4. Atur Pernapasan

Jika Anda ingin energi tetap stabil dan menjaga kewaspadaan karena pekerjaan, luangkan waktu beberapa menit untuk latihan pernapasan. Dengan mulut tertutup, ambil napas dalam-dalam, tahan selama 15 detik lalu keluarkan secara perlahan. Tambah durasi tahan napasnya selama lima detik setiap kali Anda bernapas, maksimal hingga satu menit tergantung kemampuan. Perlu diingat, teknik ini sebaiknya hanya dilakukan apabila Anda tidak memiliki masalah pada pernapasan. Teknik bernapas yang diberi nama Bellows Breath ini bisa membantu menyegarkan pikiran dan membuat Anda tetap fokus.

5. Malam Hari

Setelah menjalani keseharian, manjakan diri Anda di malam harinya. Santap hidangan yang ringan saat makan malam dan bersiaplah tidur sesuai jam tidur malam Anda. Untuk membantu tidur lebih nyenyak, Anda bisa meminum segelas susu hangat, menyalakan aromaterapi lavender yang berkhasiat menenangkan atau nyalakan musik pengantar tidur.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});