(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Inilah Cara Hindari Resiko Buruk Penggunaan Softlense

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Inilah Cara Hindari Resiko Buruk Penggunaan Softlense

WinNetNews.com - Penggunaan kacamata adalah salah satu cara untuk membantu penglihatan kembali normal. Namun selain penggunaan kacamata, lensa kontak atau yang biasa dikenal dengan sebutan softlens, berguna juga untuk membantu penglihatan normal kembali.

Softlens terdiri dari beragam desain pattern, warna, dan tentunya memiliki kondisi (minus) yang bisa disesuaikan dengan minus mata pengguna. Softlens memang terlihat lebih praktis karena pemakaiannya langsung terletak pada bagian dalam mata, tepatnya di permukaan kornea. Namun walaupun terlihat lebih praktis, ada pula dampak negatif pada pemakaian softlens.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan kontak lensa. Dilansir dari Patient Info. Yuk disimak.

1. Iritasi pada mata

Penggunaan kontak lensa terlalu lama menyebabkan mata menjadi mudah letih dan kering. Hal ini karena kornea pada mata kita dilapisi benda buatan yang membuat pergerakan mata menjadi tidak bebas. Terlebih jika perawatan pada softlens tidak dilakukan secara maksimal dapat mengakibatkan mata menjadi kering dan iritasi. Untuk mencegah hal tersebut, cuci kontak lensa anda sebelum atau sesudah pemakaian, juga pergunakan obat tetes mata khusus untuk penggunaan softlens sebagai pembersih debu yang masuk ke dalam bagian mata.

2. Perawatan yang salah merusak kornea

Kornea pada mata adalah harta berharga pada tubuh kita. Fungsi kornea itu sendiri sebagai alat penerima cahaya yang masuk ke bagian mata serta memberikan perlindungan terhadap bagian sensitif pada mata. Penggunaan kontak lensa yang tidak bersih akan menimbulkan kuman, virus, bakteri, dan jamur pada mata yang menyebabkan infeksi pada kornea. Untuk menghindarinya pilihlah air pencuci softlens yang mempunyai kadar air yang sesuai dengan kontak lensa Anda.

3. Memilih ukuran kontak lensa

Ukuran yang terlalu besar atau kecil akan menyebabkan ketidaknyamanan saat kontak lensa digunakan. Selain tidak nyaman, ukuran softlens yang tidak sesuai bisa mengakibatkan kontak lensa berada di bagian terdalam mata. Jadi sesuaikanlah ukuran sottlens dengan ukuran mata Anda.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});