Inilah Cara Menjaga Kesehatan Vagina

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Vagina

WinNetNews.com - Vagina harus dijaga kesehatannya. Tapi bagaimana? Inilah cara menjaga kesehatan vagina. Jangan terlalu lama vagina dalam keadaan basah dan berkeringat. Selalu bersihkan agar kering.

Dikutip dari WebMD, pakaian dalam ketat bisa menyebabkan keringat. Untuk itu disarankan agar para wanita mengenakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun, agar membuat kulit dapat bernapas. Ketat dan terbuat dari kain sintetis dapat mengurangi sirkulasi udara sehingga menyebabkan keringat berlebihan, inilah yang membuat risiko tinggi terkena infeksi vagina.

Bagi yang sedang menstruasi harus mengganti pembalut setiap 5-7 jam sehari. Jika tidak, maka wanita terkena risiko infeksi. Vagina secara alami membuat dirinya aman dari bakteri dan infeksi dengan mempertahankan suhu optimal dan kelembaban dengan keseimbangan pH tertentu. Tingkat pH vagina sekitar 3,8 – 4,5. Dan ini dapat berubah jika menggunakan sabun yang keras atau pembersih berbahan dasar kimia.

Untuk mempertahankan tingkat pH, gunakan sabun lembut dan air untuk membersihkan bagian-bagian sensitif tersebut. Ingat, menjaga kesehatan vagina itu penting bagi wanita.