Inilah Cara Terbaik Basmi Kutu dan Telurnya

Inilah Cara Terbaik Basmi Kutu dan Telurnya Sumber : Istimewa

Winnetnews.com - Banyak yang menderita karena rambutnya dihuni oleh hewan-hewan kecil yang berkembang biak hingga membuat gatal. Padahal banyak cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya bisa dilakukan tanpa menghabiskan banyak uang.

Kutu rambut sendiri umumnya diperoleh ketika seseorang berdekatan atau saling meminjamkan barang pribadi dengan mereka yang telah terinfeksi. Pada anak kecil, penularan ini biasa terjadi di sekolah.

Terapkan Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Ini

Jika ingin menghilangkan kutu dan telurnya tanpa memakai obat dari dokter, kamu bisa mengandalkan cara dan bahan alami yang mudah ditemukan. Yuk, simak bagaimana caranya di sini!

1. Sisir Serit Saat Rambut Basah

Cara paling sederhana dan sudah dilakukan sejak dahulu kala adalah menyisir rambut saat masih basah dengan sisir serit yang bergigi rapat. Meski mungkin tidak bisa menghilangkan kutu secara menyeluruh, metode ini tetap sering menjadi pilihan pertama.

Rambut yang basah membuat proses menyisir tidak menyakitkan. Tambahkan juga bahan yang bisa membuat rambut basah lebih lama, misalnya conditioner.

Karena tidak bisa langsung membasmi kutu, sebaiknya ulangi proses ini beberapa kali dalam beberapa minggu. Hentikan jika tidak ditemukan lagi kutu maupun telurnya.

2. Minyak Esensial

Menurut beberapa studi, ada sejumlah minyak tumbuhan yang berefek baik sebagai cara menghilangkan kutu dan telurnya. Minyak yang berasal dari pohon teh dan kenanga dipercaya berguna dalam proses ini.

Hanya saja, pastikan dulu keamanan produknya agar jangan sampai membuat kulit kepala mengalami masalah.

3. Minyak Zaitun

Membasmi hewan pengganggu ini juga bisa dilakukan dengan membuatnya susah bernapas. Misalnya dengan minyak zaitun. Jika cairan ini menimpa kutu, mereka akan mati perlahan-lahan akibat lubang pernapasannya tersumbat oleh minyak.

Namun penggunaannya minimal harus semalaman karena binatang ini bisa menahan napas hingga berjam-jam. Setelah minyak dioleskan, sisirlah rambut untuk menghilangkan kutu-kutu dan telur yang sudah tidak bernyawa.

4. Pengering Rambut

Memberikan udara panas pada para binatang kecil yang bergelantungan di rambut juga efektif. Tetapi biasanya telur-telur kutu saja yang bisa terbasmi. Sementara para kutu akan bertahan.

Untuk meningkatkan keefektifan, gunakan pengering rambut segera setelah keramas. Namun hindari pemakaiannya jika rambut baru saja diolesi bahan kimia pembasmi kutu. Zat kimia dalam pembasmi kutu mungkin saja mengandung bahan yang mudah terbakar.

5. Gel Rambut

Bahan perawatan rambut ini telah banyak digunakan dan memberikan hasil positif.Meski demikian, belum ada penelitian yang bisa membuktikan keektifannya secara akurat.

Cara kerja gel ini sama dengan minyak zaitun, yaitu membuat kutu-kutu tercekik dan kehabisan napas. Oleskan gel semalaman pada rambut. Lalu sisirlah agar telur dan kutu yang telah mati bisa diambil.

Begitu selesai, cuci rambutmu. Kemudian ulangi cara ini 1 minggu setelahnya.Yang perlu diperhatikan adalah bahan ini lengket, kemungkinan sulit dihilangkan dari rambut. Petroleum jelly termasuk jenis bahan yang mungkin bekerja lebih baik untuk tujuan ini.

6. Mayones

Meski minyak zaitun dan gel bisa menutup pernapasan pada kutu, kutu serta telurnya belum tentu pasti mati. Untuk meningkatkan persentase pemberantasan, mayones adalah jawaban yang bisa diandalkan.

Mayones yang digunakan sebaiknya jenis murni yang penuh lemak. Oleskan pada rambut dan biarkan semalam penuh.

Pagi harinya, cucilah rambut menggunakan sampo. Lalu sisir rambutmu hingga kutu dan telurnya berjatuhan. Ulangi seminggu kemudian untuk membasmi kutu-kutu kecil yang berhasil lolos pada perawatan pertama.

7. Minyak Piretrin

Piretrin adalah senyawa yang dihasilkan dari proses ekstraksi bunga krisan. Senyawa ini dipercaya memiliki efek insektisida dan dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Piretrin dianggap bekerja dengan menyerang sistem saraf kutu hidup.

Namun, penggunaan minyak piretrin ini bisa jadi tidak cukup efektif karena beberapa jenis kutu bisa mengalami resistensi terhadap senyawa ini. Selain itu, penggunaan pada anak-anak juga harus dibatasi.

Minyak piretrin dapat dioleskan pada rambut yang kering, tunggu 10 menit. Basahi rambut hingga berbusa, kemudian bilas. Setelah kering, lakukan proses menghilangkan kutu dengan sisir serit. Perhatikan juga kemungkinan reaksi alergi pada kulit kepala.

Dibutuhkan pemakaian ulang 7 hari setelahnya untuk mengatasi kutu yang baru menetas dari telur. Karena minyak ini kurang efektif pada kutu yang masih berbentuk telur.

Jika cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya ini berhasil, yang harus dilakukan kemudian adalah mencegah mereka kembali ke kepalamu. Hindari berbagi barang-barang pribadi yang bisa memudahkan proses penyebaran binatang ini.