Inilah Ciri Orang Terkena Sihir

Inilah Ciri Orang Terkena Sihir Sumber : Istimewa

Winnetnews.com - Sihir merupakan salah satu perbuatan yang sangat dimurkai oleh Allah SWT. Para pelaku sihir umumnya menghambakan diri kepada setan dan memohon pertolongan terhadap suatu urusan. Mulai dari urusan perdagangan, asmara hingga perbuatan yang dapat membahayakan kehidupan dan nyawa orang lain.

Dilansir dari buku Sihir, Ciri-Ciri dan Penanggulangannya, para pelaku sihir biasanya mengadakan sejumlah kesepakatan dengan setan agar ia mendapatkan bantuan yang diinginkannya. Hal tersebut termasuk ke dalam perbuatan syirik yang digolongkan sebagai salah satu dari dosa-dosa besar yang dibenci Allah SWT. Alih-alih mendapatkan solusi dari permasalahannya, para pelaku sihir justru diancam oleh Allah SWT dengan kehidupan yang sulit. Dalam surat Taha ayat 124 Allah SWT berfirman, "Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit."

Ibnu Qudamah Al-Maqdisi dalam buku tersebut menyatakan bahwa para pelaku sihir sering kali menggunakan tiupan dan jampi yang dituliskan atau dibacakan pada sesuatu dengan tujuan memengaruhi orang yang disihir tanpa harus bersentuhan langsung dengannya. Tak jarang mereka menyalahgunakan fungsi ayat-ayat Alquran sebagai jimat yang ditulis pada secarik kertas sebagai perlindungan terhadap suatu bahaya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwasannya sihir tak hanya memengaruhi hati seseorang, lebih dari itu sihir dapat memanipulasi fisik dan akal seseorang. Hal yang lumrah terjadi di masyarakat ialah sihir digunakan untuk merusak hubungan suami istri, membuat lawan jenis menjadi jatuh hati hingga menyakiti seseorang secara fisik bahkan membunuhnya.

Pada kitab Taisir Al-Karimir Rahmandisebutkan bahwa tiga penyebab umum seseorang mudah terkena sihir ialah sering kali lalai dari mengingat Allah SWT, enggan menjalankan ibadah yang telah diperintahkan, serta melupakan perintah zikir yang telah dianjurkan oleh Rasul. Allah SWT telah memperingatkan manusia bahwa gangguan setan sangat rentan terjadi pada orang-orang yang enggan mengingat-Nya. Dalam surat Az-Zukhruf ayat 36 Allah SWT berfirman, "Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Rabb Yang Maha Pemurah (Alquran), kami adakan baginya setan (yang menyesatkan) maka, setan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya."

Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan dalam channel Youtube Golongan Kanan bahwa terdapat beberapa ciri seseorang yang terkena pengaruh sihir. Pertama, sering kali bermimpi buruk tentang kuburan atau binatang yang menjadi simbol-simbol setan, seperti ular, cicak, dan anjing. Kedua, bermimpi yang menimbulkan hasrat seksual, seperti berhubungan intim dengan sosok lawan jenis dalam mimpinya. Ketiga, sering kali merasa ketakutan di saat sendirian atau melihat sosok-sosok menakutkan yang tak terlihat oleh orang-orang di sekitarnya. Keempat, mengalami kesulitan tidur yang disebabkan oleh perasaan gelisah atau ketakutan yang tidak jelas asalnya. Kelima, merasakan ada penyakit atau keluhan yang menyerang tubuhnya secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya.

Dilansir dari buku Sihir, Ciri-Ciri dan Penanggulangannya disebutkan beberapa amalan yang dapat melindungi seorang muslim dari serangan sihir yang dapat membahayakan keselamatan dirinya. Pertama, bertakwa atau melaksanakan segala perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya. Allah SWT menjamin kehidupan orang-orang yang bertakwa dari segala keburukan di dunia yang dapat menimpa dirinya, hartanya, dan keluarganya.

Kedua, senantiasa berzikir kepada Allah SWT sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasul, seperti, zikir di waktu pagi dan sore hari serta berzikir menjelang tidur di malam hari. Adapun bacaan Alquran yang diperintahkan untuk dibaca agar terhindar dari bahaya sihir ialah ayat kursi, surat Al-Baqarah, atau paling tidak dua ayat terakhir dari surat tersebut. Hal ini sesuai dengan sabda Rasul dalam hadis riwayat Imam Muslim yang bermakna, "Jangan jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya setan itu akan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya."

Untuk seseorang yang sudah terkena gangguan sihir dapat disembuhkan melalui rukiah yang sesuai dengan tuntunan Islam. Rukiah seperti ini biasanya dilakukan dengan bantuan seorang ustaz yang membacakan ayat-ayat Alquran dibantu dengan medium air atau daun bidara. Hal yang harus diperhatikan, rukiah tidak selalu dapat menyembuhkan sihir hanya dalam sekali rukiah saja. Kadang, diperlukan upaya berkali-kali agar terlepas dari gangguan setan dan sihirnya.

Hal yang tak kalah pentingnya, seorang muslim hendaknya membersihkan rumah mereka dari segala sesuatu yang dapat mengundang kehadiran setan di dalamnya, seperti memajang patung atau gambar makhluk yang bernyawa. Hal tersebut semata-mata dilakukan sebagai bentuk tawakal untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dan menghindarkan keluarga kita dari kemungkinan gangguan sihir yang berbahaya.