Inilah Daftar Handphone yang Tidak Bisa Gunakan Whatsapp Lagi Tahun Ini

Inilah Daftar Handphone yang Tidak Bisa Gunakan Whatsapp Lagi Tahun Ini Sumber foto : Istimewa

WInnetnews.com - Whatsapp dikabarkan tidak akan bisa digunakan lagi di ponsel iPhone dengan sistem operasi iOS 7. Hal itu berarti Whatsapp tidak bisa diakses di ponsel iPhone 4 dan iPhone seri yang lama. Rencana tersebut akan dilakukan sebelum tanggal 1 Februari 2020.

Melasir dari Metro pada 19 September 2018, Whatsapp akan membuat pembaharuan untuk iPhone dengan sistem operasi iOS 8. Bukan hanya iPhone, Whatsapp juga sempat mengentikan dukungannya pada ponsel Nokia Symbian S60. Begitu pula pada 31 Desember 2018 nanti, Whatsapp akan menghapus dukungannya untuk Nokia S40 dan Android 2.3.7.

Sebelumnya, Whataspp dikabarkan akan melakukan penghapusan data mulai tanggal 12 November 2018 nanti. Penghapusan data tersebut meliputi obrolan atau chat, foto, video, dan dokumen lainnya. Hal itu dikarenakan Whatsapp akan melakukan pembaharuan secara besar-besaran. Tapi pengguna Whatsapp tak perlu khawatir karena masih ada cara untuk melakukan back-up data ke Google Drive.

Dilansir dari WhatsApp FAQ, berikut langkah-langkah membuat cadangan Google Drive.

1. Buka WhatsApp.

2. Ketuk Menu > Setelan > Chat > Cadangan chat.

3. Ketuk Cadangkan ke Google Drive dan pilih frekuensi cadangan selain Jangan pernah.

4. Pilih akun Google yang akan digunakan untuk mencadangkan riwayat chat Anda. Jika Anda tidak memiliki akun Google, ketuk Tambahkan akun ketika diminta dan masukkan informasi Anda. Mohon ingat akun Google yang Anda gunakan untuk membuat cadangan.

5. Ketuk Cadangkan lewat untuk memilih jaringan yang ingin Anda gunakan untuk melakukan pencadangan. Harap diperhatikan bahwa mencadangkan melalui jaringan seluler mungkin dapat menyebabkan biaya data tambahan.

Pengguna Whatsapp juga bisa melakukan back-up data secara manual dengan 3 cara mudah.

1. Buka WhatsApp.

2. Ketuk Menu > Setelan > Chat > Cadangan chat.

3. Ketuk CADANGKAN untuk memulai pencadangan ke Google Drive. Proses ini mungkin membutuhkan waktu beberapa saat.

Tapi perlu diingat, pastikan koneksi sambungan data mencukupi karena selama proses back-up membutuhkan koneksi yang stabil mengingat besarnya data yang akan dicadangkan atau di back-up.

Meski bisa melakukan back-up tapi pihak Whatsapp tidak menjamin keamanan data tersebut sebab data yang disimpan di Google Drive tidak punya enkripsi end-to-end yang sama.

"Media dan pesan yang Anda simpan tidak dilindungi oleh enkripsi end-to-end WhatsApp saat berada di Google Drive,” terang pihak WhatsApp seperti dikutip dari Intisari artikel 'Catat! WhatsApp Tidak Akan Dapat Digunakan Lagi padaPonsel iPhone Jenis Ini!' pada Kamis 20 September 2018.