Inilah Eksotisme Surga Dunia dalam '10 Bali Baru' Indonesia [Part 2]

Inilah Eksotisme Surga Dunia dalam '10 Bali Baru' Indonesia [Part 2]

Kamis, 14 Apr 2016 | 17:22 | kontributor

WinNetNews.com - Masih membahas soal '10 Bali Baru' Indonesia yang menjadi destinasi prioritas pariwisata Indonesia, ini dia lanjutannya ya Sobat Winnet.

Seperti kita ketahui Icon 10 Bali Baru yang ada di Indonesia diantaranya adalah Danau Toba, Tanjung Selayar, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi dan Pulau Morotai.

Di artikel sebelumnya yang berjudul Inilah Eksotisme Surga Dunia dalam '10 Bali Baru' Indonesia [Part 1], sudah ada ulasan tentang Murotai dan Taman Nasional Wakatobi.

Kali ini WinnetNews akan membahas tentang Pelabuhan Bajo, Mandalika, Kepulauan Seribu, dan Tanjung Lesung ya Sobat.

Labuan Bajo

image0

Labuan Bajo Terkenal dengan Suasana Sunset-nya yang Sangat Memukau - Sumber Gambar Google

image1

Sunset Labuan Bajo - Sumber Gambar Google

image2

Wisatawan Kerap Kali Mengabadikan Moment Sunset di Labuan Bajo - Sumber Gambar Google

Labuan Bajo adalah sebuah pelabuhan kecil yang cantik di ujung paling barat pulau Flores dan merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK) dan keajaiban pulau Flores lainnya. Saat matahari terbenam, Labuan Bajo menawarkan pemandangan spektakuler ketika pulau-pulau kecil yang menghadap ke siluet pelabuhan secara dramatis menciptakan efek yang ajaib, seajaib apa, Anda harus datang dan menyaksikannya sendiri.

image3

Jernihnya Air di Perairan Labuan Bajo Sangat Memesona - Sumber Gambar Google

 

image4

Panorama Pulau Pudar di Labuan Bajo - Sumber Gambar Google

image5

Labuan Bajo Merupakan Pintu Masuk Menuju Pulau Komodo - Sumber Gambar Google

Dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Komodo dan Flores, hotel berbintang semakin bertambah. Di Labuan Bajo Anda akan menemukan agen perjalanan, operator selam, perahu motor, liveaboards untuk membawa Anda ke Taman Nasional Komodo, atau pergi menyelam di perairan yang masih murni. Di Labuan Bajo Anda juga bisa menyewa mobil untuk membawa Anda berkunjung ke pedalaman Flores, Gunung Kelimutu dan Maumere.

image6

Keindahan Laut di Labuan Bajo

image7

Hamparan Trumbu Karang Terlihat dari Permukaan Air - Sumber Gambar Google

image8

Rumah Terapung di Labuan Bajo -Sumber Gambar Google

image9

Suasana Penginapan di Labuan Bajo - Sumber Gambar Google

 

Mandalika

image10

Keindahan Mandalika Lombok - Sumber Gambar Google

Sebelumnya pulau ini sudah pernah dicanangkan sebagai Bali Kedua, namun karena mangkraknya pembangunan infrastruktur pendukung di kawasan ini, akhirnya harapan masyarakat NTB pun sirna. Namun kini di era pemerintahan Jokowi, harapan menjadikan Mandalika sebagai destinasi prioritas pariwisata wisatawan mancanegara, akan menjadi kenyataan.

Nama Mandalika ini berasal dari cerita rakyat. Konon dahulu kala ada seorang ratu yang bernama Mandalika atau Putri Nyale dari negeri Lombok. Sifatnya yang arif dan bijaksanapun parasnya yang rupawan menarik setiap pangeran dari berbagai negeri. Sebab paras itulah, putri Mandalika sangat gelisah melihat pertumpahan darah antara pangeran dengan pangeran lain.

image11

Patung Putri Nyale (Mandalika) di Lombok - Sumber Gambar Google

Pada suatu saat putri memutuskan untuk menyudahi konflik tersebut dengan sumpah bahwa dirinya akan terbagi kepada semua pangeran dan keluarganya. Maka putri pun menceburkan diri ke dalam laut. Setelah putri menghilang, ditempat ia menceburkan diri, muncullah cacing laut dengan warna-warni yang indah.

Legenda itu pun masih dipercaya sampai sekarang. Bahkan nyale, cacing laut berwarna-warni itu pun sangat khas di Lombok.

image12

Warna-warni Cacing Nyale Khas Mandalika - Sumber Gambar Google

image13

Eksotisme Mandalika di Lombok - Sumber Gambar Google

 

Kepulauan Seribu

image14

Kepulauan Seribu - Sumber Gambar Google

image15

Pulau Tidung di Kepulauan Seribu - Sumber Gambar Google

Dikutip dari Bluepackerid, gugusan pulau-pulau di utara Provinsi DKI Jakarta yang berjumlah sekitar 342 ini kerap di sebuat sebagai kepulauan seribu oleh masyarakat. Bukan jumlah pulau yang menjadikan nama kepulaun seribu ini melekat, namun karena tradisi masyarakat yang kerap mengenapkan sesuatu atau menyebut sesuatu dengan jumlah genap seperti Candi Sewu (Candi Seribu).

Dari ratusan pulau, hanya 11 pulau yang telah ditempati seperti pulau Untung Jawa, pulau Pari, pulau Lancang, pulau Tidung Besar, pulau Tidung kecil, pulau Pramuka, pulau Panggang, pulau Harapan, pulau Kepala, pulau Kelapa Dua dan Sebira. Selain pulau yang dihuni terdapat pulau yang merupakan destinasi wisata atau pulau wisata seperti pulau Bidadari, pulau Onrust, pulau Kotok Besar, pulau Puteri dan pulau Sepa.

Diantara beberapa yang disebut, saya hanya pernah mengunjungi pulau Tidung Besar dan Kecil, Pulau Pramuka dan Semak Daun. Terakhir, pada tahun 2014, saya kembali mengunjungi pulau Tidung. Saya sempat takjub dengan perubahan signifikan yang terjadi. Beberapa tahun lalu, Tidung penuh dengan sampah di pesisir pantainya, namun kini telah berkurang sampahnya. Bagi yang menyukai water sport, Tidung merupakan pilihan tepat, banana boat dan permainan air yang memacu adrenaline juga tersedia lengkap di Tidung. Sebelum ke Tanjung Benoa, Bali, lebih hemat untuk mencoba seluruh water sport di pulau Tidung.

image16

Kepulauan Seribu - Sumber Gambar Google

image17

Keindahan Pulau Seribu - Sumber Gambar Google

 

Tanjung Lesung

image18

Tanjung Lesung - Sumber Gambar Google

Berada di bagian barat Provinsi Banten, Tanjung Lesung seolah menunjukan bahwa panorama keindahan itu berada di sana seutuhnya. Bagaimana tidak, pantai ini menebarkan pesonanya dengan pasir putih yang terhampar luas. Sebetulnya, Banten memiliki pantai yang lain seperti Anyer dan Carita, namun jika dibandingkan satu sama lain, pantai tanjung lesung memiliki keindahan yang sama dengan pantai-pantai yang ada di pulau Dewata.

Dahulu, asal mula penamaan Lesung berasal dari karakter pantai yang menjorok ke laut dan seperti lesung tempat penumbukan padi pada saat panen tiba. Pantai ini sangat lebar dengan luas sekitar 1.500 hektar. Wow luas sekali kawsan pantai Tanjung Lesung ini.

image19

Tanjung Lesung - Sumber Gambar Google

image20

Keindahan panorama Tanjung Lesung - Sumber Gambar Google

image21

Suasana di Pantai Tanjung Lesung - Sumber Gambar Google

image22

Suasana di Pantai Tanjung Lesung - Sumber Gambar Google

Apa yang menarik di pantai Tanjung lesung? Banyak sekali, mulai dari berenang, snorkling, naik perahu dan memancing. Selain itu, pemandangan pasir putih, karang dan hewan laut. Terdapat pula konservasi terumbu karang yang berada di tengah laut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...