Inilah Istimewanya Mie Panjang Umur Pada Perayaan Imlek

Oky
Oky

Inilah Istimewanya Mie Panjang Umur Pada Perayaan Imlek Sumber : Istimewa

WInnetnews.com - Tahun baru haruslah dimulai dengan semangat dan harapan baru. Tidak terkecuali dengan budaya Tiongkok yang penuh dengan filosofi di setiap adat dan budayanya.

Segala hal yang dihadirkan dalam perayaan Imlek memiliki beragam makna yang tersirat harapan akan segala keberuntungan dan kebaikan di tahun yang baru.

Salah satunya melalui makanan yang tidak pernah absen dalam perayaan hari besar etnis Tionghoa yakni mi, makanan yang selalu ada dalam tradisi imlek.

Mi yang Tidak Putus Perlambang Umur yang Panjang

Keistimewaan mi memang tidak tergantikan dalam kepercayaan etnis Tionghoa. Saking istimewanya, olahan mi selalu hadir dalam setiap perayaan hari besar cina.

Posisinya bahkan dapat menggantikan posisi kue ulang tahun dalam momen pertambahan usia dan merupakan makanan dengan strata tertinggi dalam jamuan perayaan tahun baru imlek yang tidak boleh sekalipun absen.

Mi merupakan simbol dari kehidupan abadi, panjang umur bahkan rezeki yang tidak putus. Konon kabarnya, semakin panjang mi yang berhasil dimakan maka tak terbatas pula keberuntungan yang akan didapatkan.

Karena mi panjang umur tidak boleh disajikan terputus dan hancur, proses pemilihan dan pembuatan mi haruslah dilakukan dengan hati-hati. Pilih mi dengan tekstur agak tebal seperti mi siantar atau mi lidi. Saat proses pembuatan juga tidak perlu terlalu sering diaduk agar mi tidak mudah hancur.

Bentuk Bulat yang Berarti Kesempurnaan

Telur puyuh merupakan salah satu bahan yang sering dijumpai sebagai campuran mi panjang umur pada perayaan imlek. Telur yang dicampur bersama beragam sayuran dan lauk ini tidak sembarang dipilih karena ternyata ada filosofis penting dibalik kehadirannya.

Telur puyuh rebus yang berbentuk bulat dan dimasukkan utuh tanpa dipotong ternyata bermakna kesempurnaan dalam kepercayaan etnis tionghoa. Harapan akan umur yang panjang serta rejeki yang tidak putus dalam sajian mi panjang umur disempurnakan oleh kehadiran telur puyuh di dalamnya. Tak jarang telur puyuh rebus juga diberi pewarna merah yang kental akan makna keberuntungan dan kebahagiaan.

Apa Reaksi Kamu?