Inilah Kegiatan yang Menyebabkan Kalsium Tulang Terbuang

Inilah Kegiatan yang Menyebabkan Kalsium Tulang Terbuang

WinNetNews.com – Tulang termasuk bagian dalam tubuh yang sensitive. Biasanya pengeroposan tulang terjadi di usia lanjut. Untuk mensiasati terjadinya pengeroposan tulang di usia muda, banyak dari kita mengkonsumsi susu berkalsium tinggi.

Melansir liputan6, beberapa kebiasaan jelek yang memengaruhi cepatnya pengeluaran kalsium dari dalam tulang antara lain konsumsi gula berlebihan, garam, lemak jenuh seperti gorengan, alkohol, kopi, rokok, dan karbonat yang biasanya terdapat pada minuman ringan. Pakar gizi dari Universitas Indonesia, DR.dr. Samuel Oetoro Sp.GK, mengatakan bahwa satu lagi perlu diperhatikan adalah saat berat badan turun dengan sangat cepat. Misalnya satu minggu lebih dari satu setengah kilogram. Kalsium yang keluar dari dalam tulang juga akan banyak.

 

Samuel juga memaparkan anjuran standar yang pasti diberikan, yaitu menjalani pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini mengikuti moto 4S, yaitu makan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat, dan aktivitas sehat. Dalam tulisan ini kita khusus membicarakan soal makan sehat.

Makan sehat adalah makanan yang mengandung kadar kalsium tinggi. Rajin makan ikan sangat dianjurkan, terutama ikan laut. Lebih baik lagi ikan teri karena dikonsumsi dengan tulangnya. Sayur berwarna hijau tua, tahu, serta tempe juga cukup baik buat tulang kita.

Namun, perlu diingat bahwa sayur seperti bayam, juga tahu dan tempe, mengandung pitat atau oksalat. Bahan-bahan ini dapat menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh. Karena itu, sebaiknya dikonsumsi secukupnya saja. Cuma ada satu serat yang tidak menghambat penyerapan kalsium yang disebut fiber sol. Ini adalah jenis serat nonalamiah karena berasal dari proses industri pangan. Menghindari konsumsi asam lemak jenuh juga perlu dilakukan.

Sementara itu, lemak baik seperti asam lemak omega 3 dari ikan hasil laut dalam, asam lemak omega 6 dari jagung, serta asam lemak omega 9 dari kacang-kacangan dan minyak zaitun justru harus diperbanyak asupannya. "Itu semuanya meningkatkan kalsium,"tutur Samuel. Makan sehat juga berarti mengurangi gula, garam, minuman berkarbonat, dan kopi.