Inilah Keuntungan Diet Paleo

Inilah Keuntungan Diet Paleo

Masih terdengar asing, apa itu diet paleo ?? Diet Paleo kini menjadi salah satu metode diet yang cukup populer terutama untuk menurunkan berat badan. Terinspirasi dari cara makan manusia purba di zaman prasejarah, diet ini menganjurkan untuk memperbanyak konsumsi protein hewani serta membatasi asupan karbohidrat.

Metode diet ini menekankan pada asupan makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, daging, makanan laut dan kacang-kacangan. Konsumsi makanan olahan pabrik, siap saji dan makanan beku serta kemasan bukanlah esensi dari diet Paleo.

Diet Paleo diklaim memberikan banyak manfaat baik bagi penurunan berat badan berlebih maupun menjaga kesehatan secara keseluruhan. Makanan sehat dan berbasis pengolahan bahan mentah (wholefood) dinilai bisa memberikan nutrisi yang maksimal saat masuk ke dalam tubuh.

Apa saja manfaatnya ?? Let's check it out..

1. Mendorong Kebiasaan Clean Eating

Pada zaman dulu, manusia purba mengonsumsi segala makanan yang organik dan natural. Tanpa bahan pengawet, penambah rasa, pemanis dan bahan tambahan lainnya seperti yang ada pada makanan beku, makanan kalengan atau makanan olahan pabrik lainnya. Menjalani diet Paleo akan membuat Anda terbiasa makan sehat dan 'bersih', sehingga kesehatan tubuh pun terjaga.

2. Mengurangi Bengkak dan Kembung

Diet paleo diklaim bisa mengurangi penumpukan cairan yang membuat tubuh tampak bengkak dan perut buncit. Sebab, diet ini menekankan pada memperbanyak konsumsi serat, minum banyak air dan menghindari asupan garam.

3. Kaya Vitamin dan Mineral

Diet Paleo juga menyarankan untuk memperbanyak makan sayur dan buah. Di samping tinggi protein, perencanaan makan dalam diet ini mayoritas bua dan sayur sehingga kecukupan mineral dan vitamin terpenuhi setiap harinya.

4. Lemak Sehat

Konsumsi omega-3 dari ikan-ikanan dan kacang-kacangan sangat disarankan dalam diet ini. Ikan dan kacang merupakan makanan tinggi protein yang juga mengandung lemak sehat. Seperti diketahui, lemak sehat dalam jumlah yang cukup juga diperlukan tubuh untuk menjaga fungsi-fungsi organ. Selain itu seperti dikutip dari ABC Australia, asam lemak esensial seperti omega-3 bisa mencegah penyakit jantung, mengurangi kadar lemak dalam darah, baik untuk diabetes, meringankan radang sendi hingga membantu menyembuhkan asthma.

5. Mengenyangkan

Kenapa diet Paleo disebut-sebut efektif menurunkan berat badan? Karena menekankan pada konsumsi protein tinggi, maka perut akan terasa kenyang lebih lama. Protein cenderung lama dicerna oleh tubuh dan bisa menyediakan energi dalam waktu lama pula. Ditambah lagi dengan kombinasi sayur dan buah yang kaya serat, Anda tidak mudah merasa lapar dan perut juga kenyang lebih lama.