Inilah Makanan Anti Depresi

Inilah Makanan Anti Depresi Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Depresi bisa saja menyerang pikiran kita, tanpa kita sadari. Terkadang saat kita depresi, kita menyantap makanan yang  belum tentu bisa menyembuhkan depresi atau tidak.

Tapi makanan yang dikemas dengan vitamin, kaya akan antioksidan, kacang-kacangan dan teh hijau bisa menjadi makanan enak yang dapat membantu mengatasi depresi, saran para ahli.

Sunita Chowdhury, ahli gizi utama di Rumah Sakit Khusus BLK Super, dan Tanu Arora, kepala departemen Nutrisi Klinis dan Dietetics, Aakash Healthcare, telah berbagi masukan:

1. Makanan kaya antioksidan dikemas dengan vitamin, mineral dan serat dan tidak hanya membantu sistem kekebalan tubuh melawan penyakit namun juga meminimalkan kerusakan sel dan penuaan. Ini semua adalah sayuran merah dan oranye, kuning dan hijau dan buah-buahan. Minimal 750-100 gm per hari.

Makanan seperti itu meliputi buah beri, jeruk, paprika, brokoli, labu, semangka, delima dan sayuran berdaun hijau seperti bayam, mentimun, tomat dan bit. Sebaiknya kamu makan buah dan sayuran daripada diolah menjadi jus, untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya.

2. Semua kacang, terutama kenari, dianggap sebagai elevator suasana hati yang baik karena mengandung asam lemak omega-3. Periset telah menunjukkan bahwa kenari mendukung fungsi otak yang tepat dan mengurangi depresi. Semua kacang kaya akan fitokimia seperti resveratrol dan juga vitamin E yang menjaga kesehatan.

3. Cobalah teh hijau karena memiliki sifat antioksidan dan juga memiliki efek menenangkan secara keseluruhan pada sistem saraf dan membantu menahan stres dan depresi.

4. Hindari mengkonsumsi alkohol, kafein, makanan olahan dan makanan berlemak tinggi, minuman berkarbonasi, soda dan terlalu banyak permen.

5. Menyantap makanan sumber omega 3, vitamin, Selenium, tryptophan, Beta carotene yang baik dalam membantu tubuh membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat yang melawan depresi.