(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Inilah Makanan Paling Sehat Untuk Hati

Oky
Oky

Inilah Makanan Paling Sehat Untuk Hati Sumber : Istimewa

Winnetnews.com – Makanan apa yang sering Anda konsumsi untuk mendukung kesehatan organ hati? Umumnya kita mengenal dua makanan yang menyebabkan penyakit di organ hati, yaitu alkohol dan asupan lemak yang berlebih. Lalu apa makanan yang mampu mencegah penyakit pada organ hati?

Pakar kesehatan dari WebMD, Minesh Khatri, menyebutkan 5 jenis makanan yang mampu menjaga hingga mencegah terjadinya penyakit pada organ hati, yaitu:

1. Oatmeal dengan topping kacang-kacangan dan buah kering

Anda sering mengonsumsi oatmeal? Makanan yang tinggi serat akan sangat baik untuk kesehatan organ hati. Oatmeal dan kacang-kacangan terkenal dengan asupan seratnya yang tinggi. Tambahkan buah-buahan segar atau buah kering untuk memberi rasa manis pada oatmeal.

2. Brokoli

Selain tinggi serat, brokoli mampu melindungi organ hati dari penumpukan lemak di organ. Olah brokoli utuh menjadi bahan baku masakan atau camilan agar Anda mengonsumsi brokoli lebih sering.

3. Kopi

Kopi ternyata memiliki manfaat yang baik untuk organ hati lo. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 1-2 porsi kopi dalam sehari dapat melindungi organ hati dari asupan alkohol dan lemak berlebihan, yang berbahaya untuk hati. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat mengurangi risiko terjadinya kanker hati. Namun perlu diingat penggunaan gula yang berlebihan pada kopi tidak baik untuk kesehatan organ hati.

4. Teh hijau

Kandungan katekin pada teh hijau memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara umum, termasuk mencegah terjadinya kanker pada hati. Konsumsi teh hijau dianjurkan dalam bentuk minuman teh, bukan teh hijau sebagai pilihan rasa atau topping pada jajanan, karena kandungan antioksidannya berkurang dengan adanya tambahan bahan lain misalnya gula.

5. Almond

Kacang almond memiliki kandungan vitamin E yang disebut mampu membantu mencegah terjadinya perlemakan pada hati. Untuk itu konsumsilah kacang almond lebih sering sebagai camilan atau tambahan dalam salad.

Nah, itu dia lima makanan yang baik untuk organ hati. Makanan mana yang paling sering Anda konsumsi?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});