Inilah Makanan Super dan Manfaatnya

Inilah Makanan Super dan Manfaatnya

Wingamers – Kita pasti tahu sejumlah makanan selain mengandung sumber energi, juga memiliki berbagai zat gizi. Misalnya, vitamin A, B, C, dan unsure gizi mikro lain seperti Zinc, Fe. Tak mengherankan, bila berbagai makanan mengandung berbagai zat gizi ini disebut makanan super. Melansir bisnis, berikut beberapa makanan super dan mnafaatnya untuk kesehatan. Check this out !

Minyak kelapa

Minyak kelapa sebaiknya digunakan untuk memasak. Minyak ini dapat dipakai saat memasak dalam suhu tinggi, misalnya menggoreng, tanpa menimbulkan aroma tengik. Berbeda dengan minyak sehat seperti zaitun dan macademia yang tak tahan panas, karena bisa mengoksidadi minyak. Akibatnya, minyak menjadi rusak, atau menimbulkan aroma tengik.

Bila Anda menggunakan minyak yang tak sehat, Anda membuat peradangan dalam tubuh, termasuk penyakit jantung. Minyak kelapa yang tidak dimurnikan juga bagus untuk mengganti mentega, karena pada suhu kamar kondisinya lembut, dan lezat. Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, antipenuaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Berry organic

Buah berry organik seperti stroberi, blueberry, blackberry, raspberry adalah buah yang penting dikonsumsi setelah Anda berolahraga. Berry organik rendah fruktosa (menghindari lonjakan gula darah) dan tinggi antioksidan dan nutrisi, sebaiknya dijadikan sebagai buah favorit. Jika Anda tidak bisa mendapatkan buah segar, buah beku adalah pilihan kedua.

Ubi jalar

Ubi jalar menjadi sumber pemulihan stamina bagi para atlet. Ubi jalar lebih unggul dibanding kentang putih, karena mengandung lebih banyak beta karoten. Itulah sebabya, ubi jalar berwarna orange, dan tidak mengandung antinutrisi.

Sementara, kulit kentang putih mengandung antinutrisi yang dapat menyebabkan gangguan usus, dan mengurangi nutrisi ke tubuh Anda.

Dendeng

Dendeng kerap dijadikan sebagai camilan sehat. Makanan ini mengandung protein tinggi. Dendeng bisa dimakan kapan saja, bahkan ketika Anda sedang sibuk. Dendeng daging bisa menjadi pilihan dengan variasi aneka bumbu yang membuat rasa dendeng semakin nikmat.

Organ hewan

Para atlet umumnya mencari sumber protein terbaik. Salah satunya adalah organ hewan. Jeroan seperti ginjal, hati, jantung memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti lemak, vitamin D, asam lemak esensial yang bermanfaat untuk otak, dan selaput dinding sel.

Daging

Daging yang berasal dari hewan pemakan mengandung zat gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Daging menjadi bahan bakar untuk tubuh, dan diperlukan mereka yang sedang dalam tahap pemulihan. Daging dari hewan pemakan rumput seperti sapi, bison, domba, dan kambing memiliki lebih sedikit lemak total, lemak jenuh, kolesterol, dan kalori. Daging hewan ini juga lebih banyak mengandung vitamin E, beta karoten, vitamin C, dan asam lemak seperti omega-3, asam linoleat terkonjugasi atau CLA.

Kaldu atau sup

Sup dari tulang hewan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Sup ini biasanya dicampur dengan sayur, bumbu. Sup dari tulang hewan bermanfaat mengurangi peradangan, menyembuhkan infeksi, meningkatkan kekebalan tubuh, merangsang kesehatan tulang, menyembuhkan usus, dan memiliki efek menenangkan.

Sayur fermentasi

Sayur yang difermentasi, termasuk susu, bisa menjadi bagian makanan Anda. Fermentasi menggunakan bakteri sangat baik untuk kesehatan usus. Misalnya, kimchi (makanan Korea), atau asinan dari kubis, bit dan wortel. Selain sayur fermentasi, susu juga bisa diifermentasi. Pastikan bahan yang akan difermentasi berkualitas, cara fermentasi, juga susu kaya lemak seperti mentega, yogurt, kefir, dan keju. Konsumsi makanan ini berdampak menyembuhkan.

Santan

Para atlet memanfaatkan santan kelapa sebagai sumber energi, karena kaya lemak asam jenuh dengan rantai trigliserida menengan (MCT). Lemak jenis ini mudah dibakar oleh tubuh untuk menjadi energi. Santan juga bagus untuk menggantikan yogurt, dan krim.

Telur Organik

Telur organik mengandung vitamin, mineral, termasuk biotin dan kolin. Telur menjadi sumber protein yang dapat dengan mudah. Para atlet menjadikan telur sebagi sumber protein, sekaligus sebagai sumber karbohidrat. Biotin yang terdapat pada telur diubah dengan cepat menjadi energy, sedangkan kolin membawa kolesterol melewati aliran darah.