Inilah Manfaat Minum Susu Cokelat Usai Berolahraga

Inilah Manfaat Minum Susu Cokelat Usai Berolahraga

Minggu, 17 Jan 2016 | 16:00 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Berolahraga sangat menguras cairan dan cadangan energi di dalam tubuh. Untuk itu, para atlet atau olahragawan harus bisa mendapatkan asupan yang tepat. Minum susu cokelat rendah lemak sebelum dan sesudah pertandingan disarankan.

Menurut penelitian, konsumsi susu cokelat memberikan dua manfaat langsung pada tubuh, yaitu rehidrasi dan recovery atau perbaikan. Seperti disampaikan oleh Fendi Susanto, SSi, MPd, Nutrition and Health Education Manager dari Nutrifood, susu cokelat rendah lemak ini lebih unggul daripada air putih dan minuman olahraga atau sports drink.

"Susu cokelat rendah lemak yang mengandung elektrolit dan mineral bagus untuk rehidrasi karena membantu meninimalisir kehilangan air dengan menahan lebih banyak cairan. Susu cokelat juga bagus untuk efek recovery cadangan energi yaitu glikogen akan cepat hilang karena banyak gerak. Ada juga dari karbohidrat dan protein. Demikian juga dengan otot yang rusak dapat diperbaiki dengan kandungan protein susu," jelasnya.

Konsumsi susu cokelat rendah lemak disarankan 60-90 menit setelah pertandingan. Sementara di sela-sela itu, olahragawan tetap perlu air atau sports drink sesuai kebutuhan untuk mencegah dehidrasi.

Dilansir dari laman okezone

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...