(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Inilah Olahraga Yang Tepat Untuk Jantung

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Inilah Olahraga Yang Tepat Untuk Jantung

Membahas jantung akan membuat kita untuk berusaha menjaganya sebaik mungkin, karna jantung terdiri dari sekumpulan otot-otot. Layaknya otot di bagian tubuh yang lain, otot jantung pun akan kuat jika sering dilatih dengan gaya hidup aktif secara fisik dan olahraga rutin. Tidak ada kata terlambat untuk berolahraga, berapapun usia Anda.

Bahkan, jalan santai selama 30 menit setiap hari pun dapat membawa banyak perubahan. Orang yang tidak aktif secara fisik, berisiko kena penyakit kardiovaskular dua kali lebih tinggi dari mereka yang banyak bergerak.

Olahraga rutin, selain baitj untuk jantung juga membantu membakar lebih banyak kalori, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar Kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kadar lemak baik (HDL).

Latihan aerobik adalah salah satu pilihan paling tepat untuk Anda yang ingin menjaga jantung tetap sehat. Jika tak suka aerobik, Anda bisa menggantinya dengan jalan kaki, joging, lari, bersepeda, sepakbola, renang, plus latihan beban dan peregangan sebagai penyempurna.

Untuk memelihara kesehatan jantung

Latihan aerobik dengam intensitas moderat selama 30 menit perhari, lima kali dalam satu minggu untuk mencapai total latihan 150 menit perminggu.

Atau

Latihan aerobik intensitas tinggi minimal 25 menit persesi, tiga kali seminggu untuk mencapai target 75 menit latihan perminggu. Atau selang-seling latihan intensitas tinggi dan moderat.

Dan

Latihan beban intensitas moderat atau tinggi untuk menguatkan otot. Lakukan dua kali seminggu.

Untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Latihan aerobik intensitas sedang atau tinggi selama 40 menit persesi, empat kali dalam seminggu.

Jika Anda belum mampu mencapai target latihan di atas, lakukan saja semampu Anda lalu pelan-pelan tingkatkan hingga mencapai intensitas dan durasi yang dianjurkan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});