Inilah Pemicu Tubuh Tetap Gemuk Padahal Sudah Diet Sehat

Inilah Pemicu Tubuh Tetap Gemuk Padahal Sudah Diet Sehat

Senin, 18 Jan 2016 | 20:10 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Berat badan sulit turun memang dapat disebabkan oleh berbagai hal, tapi jika bobot tubuh tetap gemuk meski kita sudah diet, gangguan hormon bisa jadi pemicunya. Malah, kegemukan atau kesulitan menurunkan berat badan termasuk dalam gejala utama penyakit hipotiroid.

Hipotiroid adalah kondisi tubuh kekurangan hormon tiroid. Untuk mengetahui apakah kita mengalami kondisi ini perlu dilakukan pemeriksaan darah. Karena fungsi utama hormon ini adalah menjalankan metabolisme tubuh, maka orang yang kekurangan tiroid metabolismenya menjadi lambat. Orang yang mengalami hipotirod akan mengalami kelambatan metabolisme dan penurunan laju metabolik basal.

"Hal ini akan menyebabkan perubahan pada cara tubuh mengeluarkan energi. Jika laju metaboliknya rendah, maka orang akan mengalami kenaikan berat badan walau pola makannya tak ada yang berubah," kata Dr.Reshmi Srinath, asisten profesor endokrinologi.

Kenaikan berat badan itu bisa dipicu oleh kelebihan lemak atau pun retensi cairan tubuh.

"Walau kita sudah menjada pola makan dan rajin olahraga, kegemukan karena gangguan tiroid sulit diatasi karena kelebihan berat badan kebanyakan berasal dari kelebihan garam dan air ketimbang lemak," katanya.

Hipotiroid cukup mudah diatasi. Terapi paling efektif adalah mengonsumsi pil hormon tiroid sekali sehari.

Dilansir dari laman kompas 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...