Inilah Pengganti Susu Sapi

Nadia Chevina
Senin, 22 Februari 2016 13:50 WIB
Oleh Nadia Chevina pada Senin, 22 Februari 2016 13:50 WIB
Image Inilah Pengganti Susu Sapi

WinNetNews.com - Ahli gizi, Emilia Achmadi, mengatakan bahwa susu nabati bukanlah susu. Jika tidak suka mengonsumsi susu sapi, alternatifnya adalah konsumsi susu selain dari sapi.

Ada sejumlah susu yang bisa jadi alternatif pengganti susu sapi. Berikut ulasan singkatnya, seperti diungkapkan Emilia dalam diskusi media bertajuk "Anatomi Susu Segar" di Jakarta.

Susu kambing

Susu kambing punya kandungan nutrisi yang sama baiknya dengan susu sapi. Namun yang jadi pembeda adalah soal rasa. Mungkin masyarakat Tanah Air belum terbiasa dengan cita rasa dari susu kambing. Namun pilihan susu kambing bisa jadi alternatif pengganti susu sapi.

Susu kuda liar

Susu merupakan cairan putih yang diproduksi oleh mamalia. Jika tidak suka mengonsumsi susu sapi, bagaimana dengan susu kuda liar?

Susu kuda liar cukup akrab ditelinga sebagai minuman penambah stamina. Namun perlu diingat, susu kuda liar kandungan gulanya lebih banyak.

"Susu kuda liar boleh, cuma kadar gulanya relatif lebih tinggi karena kuda membutuhkan banyak energi dan hewan ini memang didesain untuk berlari, sehingga susunya mengandung banyak gula," papar Emilia Achmadi.

Susu unta

Di Timur Tengah, susu unta merupakan satu minuman yang cukup terkenal. Di Indonesia susu ini juga tidak se-familiar susu sapi.

Namun Emilia mengatakan bahwa susu unta bisa jadi alternatif susu sapi. Tapi, sama seperti susu kuda, hewan unta didesain untuk mengangkat barang, sehingga dia butuh banyak energi dan kandungan gula dalam susunya juga cukup banyak.

Dilansir dari laman okezone  

Waspadai Bumbu Masakan Ini
Heboh, Pengacara Habib Rizieq Maju Jadi Caleg Lewat PDIP

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.