Inilah Pengobatan untuk Mengatasi Demam Rematik
ilustrasi

Inilah Pengobatan untuk Mengatasi Demam Rematik

Sabtu, 1 Jun 2019 | 15:20 | Rusmanto

Winnetnews.com - Demam rematik adalah peradangan yang muncul akibat komplikasi infeksi bakteri, khususnya bakteri streptokokus. Tanpa pengobatan yang benar, demam rematik bahkan dapat menyebabkan kerusakan jantung. Lantas, apa saja pilihan pengobatan penyakit ini?

Pilihan pengobatan demam rematik

Penyakit ini umum menimpa anak-anak dan remaja. Biasanya, pengobatan demam rematik yang diberikan pun akan berbeda setiap orang, tergantung pada keparahan gejalanya.

Umumnya, pemberian obat dilakukan untuk membunuh bakteri, meredakan gejala, mengobati peradangan, serta mencegah kambuhnya penyakit. Beberapa jenis obat yang biasa diberikan untuk mengatasi demam rematik, antara lain:

1. Antibiotik

Oleh karena penyakit ini merupakan infeksi bakteri, antibiotik kerap dijadikan pilihan pengobatan demam rematik. Antibiotik yang digunakan untuk mengobati penyakit demam rematik umumnya berasal dari golongan penisilin. Tujuannya untuk membasmi sisa bakteri streptokokus yang ada pada tubuh.

Pasien perlu mengonsumsi antibiotik selama 5 hingga 10 tahun, bergantung pada usia dan ada tidaknya gangguan pada jantung. Jika sudah terjadi peradangan pada jantung, dibutuhkan waktu yang lebih lama mengobatinya.

Lamanya waktu pemberian obat ini bukan tanpa alasan. Hal ini dilakukan untuk mencegah kambuhnya penyakit. Sisa bakteri yang terdapat dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit muncul kembali dan meningkatkan risiko kerusakan jantung permanen.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...