Inilah Penyebab Mengapa Cuaca Jabodetabek Tak Menentu

Fellyanda Suci Agiesta
Rabu, 04 Januari 2017 08:05 WIB
Oleh Fellyanda Suci Agiesta pada Rabu, 04 Januari 2017 08:05 WIB
Image Inilah Penyebab Mengapa Cuaca Jabodetabek Tak Menentu
Foto: Malesbanget

WinNetNews.com - Cuaca Jabodetabek akhir - akhir ini tidak menentu. Saat siang terasa panas dan malamnya mulai ada rintik hujan. Kadang kondisi tersebut bergantian. Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa kondisi tersebut wajar terjadi saat musim penghujan.

Deputi Bidang Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mulyono Rahadi Prabowo mengatakan ada fluktuasi harian sehingga pada saat tertentu hujan menjadi aktif. Akan tetapi ada juga waktu saat hujan menjadi kurang aktif.

Tapi hujan tidak turun merata di seluruh Jabodetabek. Misal, di Jakarta sedang hujan deras, belum tentu bagian Jakarta lainnya hujan deras juga.

"Jadi karena kondisi hujan seperti ini kadang sifatnya tidak merata, pada pagi hari sebelah selatan berpotensi hujan deras tapi bagian utara potensi hujan ringan," ungkapnya.

Jika hari ini Jakarta bagian Selatan sedang hujan deras, ini dikarenakan adanya aliran kovergensi, yaitu pertemuan aliran yang membawa uap air dari angin barat dan angin timur Indonesia yang bercampur menjadi satu, dan akhirnya menimbulkan pertumbuhan awan.

"Nah kondisi ini beberapa hari tidak hujan tapi sebetulnya ada semacam pengumpulan energi karena beberapa hari tidak hujan sementara potensi uap air yang ada, ketika potensi pertumbuhan awan cukup bisa turun hujan bisa skala hujan yang lebat,' terangnya.

Profil R.A. Kartini, Sang Pejuang Emansipasi Wanita
Sesi II: IHSG Ditutup Turun 149 Poin ke Level 6.079

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.