(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Inilah Penyebab Rambut Berketombe!

Cindy
Cindy

Inilah Penyebab Rambut Berketombe! Foto: Ilustrasi

Winnetnews.com - Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang pernah dialami siapa saja. Ketombe adalah kondisi kulit kepala kronis yang umum terjadi terutama di masyarakat daerah iklim tropis.

Ketombe ditandai dengan pengelupasan kulit kepala. Kondisi ini sangat merusak penampilan dan membuat rasa percaya diri menurun. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui penyebab munculnya ketombe.

1. Malas mencuri rambut

Kebiasaan ini adalah salah satu menyebabkan munculnya ketombe pada rambut. Malas mencuci rambut akan membuat penumpukan minyak yang disebabkan oleh rutinitas harian yang padat sehingga menyebabkan sel kulit kepala mati.

2. Kulit kepala berminyak

Kulit kepala berminyak kondisi paling umum yang dapat menyebabkan munculnya ketombe. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan kulit kepala yang berubah kemerahan dan munculnya sisik putih yang berminyak.

3. Bakteri atau Jamur

Malassezia adalah jamur yang biasa tumbuh di kulit kepala dan menyebabkan folikel rambut dan memproduksi minyak berlebih.  Akibatnya kulit kepala sering iritasi dan memicu sel kulit mati yang berubah menjadi ketombe.

4. Jarang mensisir rambut

Menyisir rambut secara berkala dapat mengatasi masalah rambut berketombe. Hal ini karena gerakan menyisir yang menstimulasi produksi minyak alami. Meski terdengar sepele tapi kebiasaan ini sangat berpengaruh loh untuk masalah kesehatan rambut kita. 

5. Diet

Diet menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun diet yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh kekurangan asupan nutrisi. Akibatnya, tubuh akan mengalami gangguan kesehatan, salah satunya adalah rambut ketombe.

 

 

 

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});