Skip to main content

Inilah Penyebab Seringnya Gempa di Italia

Bangunan di Italia runtuh akibat gempa
Bangunan di Italia runtuh akibat gempa

WinNetNews.com - Italia dilanda gempa untuk keempat kalinya dalam tiga bulan terakhir, pada hari Minggu pagi (30/10), getaran 6,6 skala Richter menyebabkan dua puluh orang terluka dan meratakan sebuah basilika bersejarah.

Getaran telah menghancurkan banyak bangunan bersejarah dan landmark. Pertama, pada bulan Agustus, menewaskan hampir 300 orang dan meratakan desa di sekitar kota gunung Amatrice. Minggu kemaren adalah gempa terkuat yang menghantam negara itu dalam lebih dari tiga dekade.

Mengapa bagian dari Italia telah merasakan berkali-kali dari bencana gempa? Apakah negara ini sedang mengalami ketidakstabil peningkatan aktivitas tektonik?

Berikut adalah keterangan dari Seismolog:

Mengapa pusat Italia memiliki banyak sekali gempa bumi?

Italia pusat memiliki sejarah panjang dalam gempa bumi yang parah, yang dikenal sebagai Apennine "sabuk merah". Beberapa gempa ini telah menghancurkan bangunan di Italia, termasuk pada tahun 1915 yang menewaskan diperkirakan 32.000 orang.

"Ini (terakhir) gempa bumi yang terkait satu sama lain, sehingga bagian dari urutan yang mengguncang di daerah yang memiliki bahaya gempa tinggi," kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) seismolog Gavin Hayes kepada CNN .

Menurut USGS, pusat Italia memiliki sejumlah garis patahan yang berjalan langsung di bawahnya, yang mempertinggi risiko gempa bumi.

"Tidak ada yang bisa memprediksi gempa, tetapi masyarakat hanya perlu menyadari bahwa perilaku bumi ini cukup normal, hal semacam ini tidak dapat diprediksi," kata Steve Tatham, seorang seismolog di Geoscience Australia.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top