Inilah Pertemuan Bersejarah Pemimpin Cina Daratan dan Taiwan

Inilah Pertemuan Bersejarah Pemimpin Cina Daratan dan Taiwan

WinNetNews.com - Cina daratan dan Taiwan berpisah tidak baik-baik sejak 1949. Mereka tidak mengakui satu sama lain. Sabtu ini akan terjadi pertemuan bersejarah pemimpin Cina daratan dan Taiwan. Ini adalah pertemuan resmi pertama di Singapura sejak 66 tahun silam.

Mereka akan membahas soal keamanan sisi selat Taiwan. Namun soal status "saling mengakui" ini belum. Cina daratan menganggap Taiwan memberontak dan Taiwan tidak mau menjadi Hong Kong kedia. Cina bahkan pada tahun 2005 mengesahkan undang-undang anti –pemisahan dan mengancam tindakan militer, jika Taiwan berniat memisahkan diri. Sebagai simbol dari ancaman serangan militer itu, Cina mengarahkan 1000 peluru kendalinya ke arah Taiwan.

Dalam pertemuan di Singapura Sabtu ini, tidak akan ada penandatanganan kesepakatan atau publikasi pernyataan bersama di akhir pertemuan. Walau begitu para pejabat tinggi di Beijing menyebut pertemuan ini sebagai monumen bersejarah dalam hubungan kedua pihak.

Uniknya, kedua pemimpin tak akan memanggil satu sama lain dengan sebutan "pak presiden", namun "tuan", sebab mereka secara diplomatik tidak saling mengakui satu sama lain.