Inilah Sebab Makan Sayur Bikin Gemuk

Inilah Sebab Makan Sayur Bikin Gemuk

Selasa, 2 Feb 2016 | 14:00 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Makan sayur-sayuran ternyata dapat membuat tubuh Anda menjadi gemuk. Enggak percaya?

Jika sedang ingin menurunkan berat badan, tentu Anda akan lebih banyak makan sayuran. Tapi, terlalu banyak makan sayur justru dapat menyebabkan kenaikan berat badan, berikut alasannya.

Jangan asal konsumsi sayuran

Makan sayuran mentah dalam bentuk salad memang baik dan sehat. Tapi, terlalu banyak makan salad dapat menyebabkan kenaikan berat badan dibanding penurunan berat badan. Hal ini karena dalam sayuran mentah hadir selulosa yang sulit dicerna, sehingga memperlambat proses metabolisme. Semua ini mengarah ke penambahan berat badan.

Kelebihan makanan berserat

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berserat dapat mengganggu bakteri baik dalam tubuh, sehingga mencegah penyerapan nutrisi penting dari lambung dan usus. Dampaknya akan memperlambat metabolisme dan kemungkinan terjadi kenaikan berat badan. Selain itu, kebanyakan makan makanan berserat dapat menyebabkan perut kembung dan diare.

Sebagai bonus, ada kebiasaan lain yang sering salah dilakukan oleh orang-orang sedang berdiet penurunan berat badan, yaitu berolahraga. Aktivitas fisik ini memang membuat penurunan berat badan lebih efektif, karena membakar banyak kalori. Tapi, berolahraga juga justru dapat membuat berat badan naik.

Berolahraga terlalu keras

Terlalu sering berolahraga dapat menyebabkan tubuh melepas hormon kortisol berlebih. Hormon ini meningkatkan nafsu makan dan mengurangi tingkat pembakaran lemak tubuh. Akhirnya, metode ini justru menyebabkan kenaikan berat badan.

Dilansir dari laman boldsky dan okezone 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...