Inilah Senjata Baru Polisi Lacak Pelanggaran Lalu Lintas

Nadia Chevina

Dipublikasikan 6 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Inilah Senjata Baru Polisi Lacak Pelanggaran Lalu Lintas
WinNetNews.com - Warga Jakarta yang mengemudikan kendaraan diimbau agar mengontrol kecepatannya dan menaati Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Batas Kecepatan Kendaraan.

Disebutkan dalam UU, kecepatan kendaraan di jalan tol memiliki batas maksimal antara 60 sampai 80 kilometer per jam, atau jika ada rambu yang menyatakan batas kecepatan 60 sampai 100 kilometer per jam. Sementara di jalan raya, kecepatan maksimal kendaraan diatur hanya 50 kilometer per jam. Kemudian pada pemukiman 30 kilometer per jam.

Jika aturan ini dilanggar, polisi kini punya 'senjata' baru untuk mendeteksinya. Pelanggaran batas kecepatan maksimum dapat dideteksi polisi lalu lintas melalui sebuah alat pengukur kecepatan berbentuk kamera digital yang dinamakan speed gun.

Penggunaan alat ini diharapkan dapat menekan angka pelanggaran batas kecepatan dan menindak pengendara yang tak memprioritaskan keselamatannya atau pengguna jalan lainnya.

"Untuk memaksimalkan penindakan pengendara yang mengacuhkan peraturan, kami akan gunakan speed gun," Kata Kepala Sub Direktorat (Subdit) Bina dan Penegakan Hukum (Bin Gakkum) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Budiyanto.

Dilansir dari laman liputan6 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...