Inilah Solusi Atasi Mata Kering Terlalu Lama Menatap Layar

Inilah Solusi Atasi Mata Kering Terlalu Lama Menatap Layar

Kamis, 21 Jan 2016 | 12:45 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Mungkin Anda sudah sering mendengar perintah agar tidak berlama-lama menatap layar, TV, komputer, smartphone, Tab, dan sebagainya. Para hali bahkan memperingatkan efek buruk dari kebiasaan itu pada mata, yang disebut ‘square eyes’.

Efek yang dapat diterjemahkan sebagai 'mata persegi' ini dikatakan dapat terjadi setelah menatap layar hingga delapan jam sehari. The Australasian College of Behavioural Optometrists menganalisis seberapa tinggi risiko itu terhadap kemampuan melihat dari kebiasaan membaca dan bekerja yang buruk.

Studi lain menyebutkan bagaimana orang-orang mengaku menghabiskan sampai 53 jam selama seminggu untuk bekerja dengan komputer, menonton TV atau menatap layar gadget mereka. Para ahli mencatat bahwa tingkat di mana kita berkedip menurun rerata lima kali ketika kita menatap layar.

Sementara berkedip berfungsi melumasi mata Anda, jika kita melakukannya lebih kurang, maka mata akan menjadi kering dan sakit. Sindrom ini menyebabkan sakit kepala, mata berair, peradangan, penglihatan kabur, dan kesulitan fokus, serta risiko kerusakan permanen pada retina atau kornea.

Namun, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

1. Ambil istirahat secara teratur saat bekerja di depan komputer atau dari kegiatan membaca. Coba berjalan-jalan atau melihat ke kejauhan setiap 15 detik.

2. Bila Anda berkacamata, pasang lensa yang bisa meredam sinar UV atau radiasi layar komputer.

3. Jaga jarak mata Anda dari komputer.

4. Pastikan area kerja memiliki pencahayaan yang cukup.

5. Coba dan jaga mata Anda agar tetap berkedip saat fokus menatap ke layar.

Dilansir dari laman Timesofindia dan okezone

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...