Inilah Sosok Pengganti Budi Gunawan Sebagai Wakapolri
Komjen Syarifudin

Inilah Sosok Pengganti Budi Gunawan Sebagai Wakapolri

Sabtu, 10 Sep 2016 | 09:53 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Jenderal Budi Gunawan kemarin sore, Jumat (9/9) resmi dilantik sebagai Kepala Badan Intelejen Nasional menggantikan Sutiyoso. Nah berati posisi Wakapolri saat itu kosong, siapa sih sosok yang pas untuk menggantikan posisi Jenderal Budi Gunawan sebagai Wakapolri?

Jawabannya sudah terjawab pagi ini, Komjen Syarifudin yang sebelumnya menjabatKepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Kalemdikpol) terpilih untukmenduduki jabatan baru sebagai Wakapolri. Pria asal Majene tersebut hari ini dilantik dan menerima serah terima jabatan (sertijab) dari Budi Gunawan di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Seperti apa sih sosokSyafruddin? Ia merupakan jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1985. Pria kelahiran Ujung Pandang (Makassar) 14 April 1961 itu pernah menjadi ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 2004-2009. Saat itu ia masih kombes. Saat berpangkat bintang satu alias birgjen dia menjadi Wakapolda Sumatera Utara pada 2009.

Setahun kemudian, Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri melantik Syafruddin sebagai Kapolda Kalimantan Selatan. Lalu mengenyam jabatan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri, dan Syafruddin pun promosi pangkat menjadi jenderal bintang dua atau irjen pada 2012.

Mengikuti langkah Jenderal Budi Gunawan, Syafruddin naik pangkat menjadi Komjen dan dipromosi sebagai Kepala Lemdikpol pada 2015. Kala itu, Budi Gunawan menjadi Wakapolri mengganti posisi Badrodin Haiti yang dipilih Presiden Joko Widodo sebagai Kapolri.

Syafruddin akan purna tugas alias pension pada 2019. Berdasarkan data yang dikutip dari situs KPK, kekayaan Syafruddin berdasarkan LHKPN 2011 tercatat Rp3,38 miliar. Jumlah tersebut terbagi atas tanah dan bangunan Rp2,12 miliar, harta bergerak Rp410 juta dan lainnya Rp853,5 juta.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...