Inilah Sumber Kuman dalam Uang Kertas! Harus Sering Cuci Tangan Nih!

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Inilah Sumber Kuman dalam Uang Kertas! Harus Sering Cuci Tangan Nih! Foto: Pexels

WinNetNews.com - Apakah kamu akan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan? Atau setelah memegang uang? Jika tidak, kamu mungkin akan terkena serangan bakteri dari berbagai kuman. Uang kertas bisa menampung ribuan mikroba dari setiap lingkungan yang disentuhnya.

Dalam sebuah penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, para peneliti memasukkan $ 1 tagihan dari sebuah bank di New York City untuk melihat apa yang hidup dengan mata uang kertas. Mereka menemukan ratusan spesies mikroorganisme. Yang paling banyak adalah kuman penyebab jerawat, serta banyak bakteri kulit yang tidak berbahaya. Mereka juga mengidentifikasi bakteri vagina, mikroba dari mulut, DNA dari hewan peliharaan dan virus.

Uang kertas juga sering diliputi obat bius. Dalam sebuah penelitian terhadap 10 tagihan satu dolar dari kota-kota di seluruh negeri, hampir 80% di antaranya memiliki jejak kokain.

Semua itu mungkin terdengar menjijikkan, tapi tidak mengherankan, mengingat bagaimana uang beredar.

"Banyak orang tidak mencuci tangan, dan mereka ada di restoran dan uang akan bolak-balik," kata Susan Whittier, seorang ahli mikrobiologi di New York-Presbyterian dan Columbia University Medical Center.

"Kalian tidak tahu siapa yang menyentuhnya." tambahnya.

Penelitian lain menunjukkan bahwa beberapa catatan bank dan koin mengandung patogen seperti Escherichia coli (E. coli), salmonella dan staphylococcus aureus, yang dapat menyebabkan penyakit serius, seperti dikutip dari TIME.

Kehadiran mikroba ini tidak akan membuat kalian sakit. Tapi tetap saja kalian perlu mencuci tangan setelah memegang uang.

"Subtipe organisme tertentu lebih baik atau lebih buruk dalam menginfeksi orang. Organisme juga tumbuh lebih baik di lingkungan spesifik tertentu." kata Emily Martin, asisten profesor epidemiologi di University of Michigan School of Public Health.

Biasanya uang tunai tidak memiliki suhu atau kondisi kelembaban yang tepat untuk memungkinkan mikroba tumbuh dan berkembang biak. Permukaannya yang poros benar-benar membantu menahan sebagian besar kuman yang dibawanya, sehingga tidak banyak mikroba yang menyapu tanganmu, yang berarti uang tidak begitu baik dalam mentransmisikan penyakit.

"Kalian tidak ingin mengenalkan bakteri ke area tubuh yang kurang memiliki perlindungan. Tapi kulit kita adalah pelindung yang sangat bagus." katanya.

"Sadarilah bahwa setiap permukaan yang kalian sentuh memiliki barang di dalamnya: uang , tiang kereta bawah tanah, ATM. Kalian hanya perlu mencuci tangan beberapa kali sehari." kata Emily Martin, asisten profesor epidemiologi di University of Michigan School of Public Health.

Apa Reaksi Kamu?