Skip to main content

Inilah Tanda - tanda Kalau Anda Adalah Orangtua yang Overprotective

Inilah Tanda - tanda Kalau Anda Adalah Orangtua yang Overprotective
Inilah Tanda - tanda Kalau Anda Adalah Orangtua yang Overprotective

WinNetNews.com - Apakah ada yang pernah bertanya apakah Anda termasuk dengan orang tua yang overprotektif? Terkadang beberapa orang tua menjadi lebih overprotektif karena takut dengan yang akan terjadi pada anak mereka. Namun, yang menjadi masalah adalah anak Anda tidak akan menjadi anak yang pemberani di masa yang akan datang. Menjadi pelindung bagi anak Anda, Anda juga perlu memberikan anak Anda kebebasan dalam memilih.

Overprotection dapat memiliki konsekuensi kebalikan dari niat Anda yang sebenarnya. Menjadi orangtua overprotektif, Anda mungkin berpikir bahwa Anda menjadi pelindung untuk anak Anda. Namun, hal itu dapat memiliki hasil yang berlawanan.

Dikutip dari Boldsky , Selasa (15/11), sebelum Anda menjadi orangtua yang overprotektif, lebih baik pelajari terlebih dahulu seperti apa orangtua yang overprotektif itu.

1. Anda selalu mengawal kemanapun anak Anda pergi

Maksud Anda baik, yaitu menjaga anak Anda agar tidak terjadi dengan hal - hal yang tidak diinginkan. Bahkan Anda tidak mempercayai ketika anak Anda pergi bersama orang terdekatnya atau anggota keluarga. Anda tidak bisa meninggalkan mereka karena kekhawatiran Anda yang tak terbatas. Ini bisa diindikasikan bahwa Anda adalah orangtua yang overprotektif.

2. Anda selalu mengecek jadwal anak Anda

Anda sudah tahu kegiatan normal anak-anak Anda setiap hari. Namun, jika Anda bersikeras untuk mengetahui masing-masing kegiatan dan sangat detail untuk setiap kegiatan mereka, maka ini bisa menjadi masalah. Ini juga merupakan tanda overprotection, yang dapat menciptakan kesan buruk di pikiran anak-anak Anda 'bahwa Anda tidak memiliki kepercayaan di dalamnya.'

3. Anda terlalu banyak membangun zona perlindungan

Jika Anda terlalu membuat banyak zona aman untuk anak-anak Anda, maka mereka tidak akan pernah mampu mengenali dunia luar. Anak-anak Anda berada dalam fase pertumbuhan dan mereka perlu berinteraksi dengan orang sekitar. Mereka perlu mengenal banyak jenis orang. Sangat penting bagi mereka untuk berkumpul dengan teman-teman dan bergabung dalam berbagai kegiatan untuk mengenal esensi kehidupan.

4. Anda tidak menghargai privasi mereka

Ada beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan oleh anak Anda, seperti mengunci lemarinya. Hal itu wajar dilakukan mengingat anal Anda juga perlu privasi khusus. Suatu saat anak Anda akan membagikan rahasianya kepada Anda. Tidak menghormati privasi anak-anak adalah tanda bahwa Anda menjadi orangtua yang overprotective.

5. Anda tidak mengizinkan anak Anda untuk mengambil keputusan

Jika Anda tidak membiarkan anak-anak Anda untuk mengambil keputusan mereka sendiri, mereka cenderung kurang dalam keterampilan hidup yang menjadi sangat penting. Mereka tidak akan memiliki keterampilan pengambilan keputusan. Mereka tidak akan dapat mengambil keputusan karir yang penting atau keputusan yang bisa mengubah hidup lainnya. Hal ini juga dapat menjadikan harga diri yang rendah dan tingkat kepercayaan yang kurang di masa depan mereka.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top