(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Inilah Tanda-Tanda Kamu Dehidrasi Winners!

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Inilah Tanda-Tanda Kamu Dehidrasi Winners!
WinNetNews.com - Menurut ahli diet Isabel Smith, seseorang bisa dehidrasi tanpa merasa dirinya kekurangan cairan. Adakah cara untuk mengetahui jika kita kurang minum?

Meskipun kamu tidak merasa haus, ada beberapa hal yang bisa dijadikan tanda jika kamu dehidrasi. Berikut delapan tanda kamu mengalami dehidrasi. Yuk simak ulasannya!

1. Anda merasa lapar

Terkadang tubuh keliru memaknai rasa haus sebagai lapar. Contohnya, tiga jam berlalu sejak terakhir kali Anda makan, kemungkinan besar Anda memang benar lapar. Tapi jika Anda tak yakin, Anda boleh minum sesuatu dan coba kembali rasakan apakah masih merasa ingin makan atau tidak.

"Terkadang, saya menyarankan pada orang untuk minum segelas air jika mereka baru saja makan tapi masih merasa lapar," ujar Smith.

2. Anda merasa letih

"Jika tubuh kurang cairan, maka tubuh tak akan berfungsi dengan baik. Sebagai hasilnya, tingkat energi Anda akan menurun dan Anda mungkin akan semakin merasa lemah selama kondisi dehidrasi ini," ujar NesochiOkeke-Igbokwe, M.D, internis di NYU Langone Medical Center. Menurut Smith, rasa lelah akibat dehidrasi muncul dalam bentuk grogi dan perasaan menyerupai mabuk.

3. Anda sulit menurunkan berat badan

Dehidrasi bisa membuat Anda makan lebih banyak dan air bisa memecah lemak serta membakar kalori. Jika Anda tak cukup mendapat cairan, Anda akan sulit menurunkan berat badan.

4. Urine menjadi pekat

Saat tubuh terhidrasi, urine akan berwarna bening, demikian yang dijelaskan Okeke-Igbokwe. Urine berwarna kuning pekat atau agak oranye merupakan tanda Anda kurang cairan.

5. Jarang buang air kecil

Okeke-Igbokwe mengatakan, tanda lain Anda dehidrasi adalah Anda jarang berkemih. Logikanya, tak akan ada cairan yang bisa dibuang jika tak ada asupan cairan yang cukup, bukan?

6. Bau mulut

"Saat Anda dehidrasi, mulut menjadi sangat kering dan produksi air liur berkurang," jelas Okeke-Igbokwe. "Ini bisa menyebabkan bakteri berkembang sangat banyak di mulut dan menghasilkan bau mulut," lanjutnya.

7. Kulit menjadi kurang elastis

Ini cara cepat melihat apakah Anda dehidrasi: cubit kulit di bagian dalam tangah. Kulit yang sehat akan kembali ke keadaan semula dengan cepat. Jika kulit tak segera kembali seperti semula, artinya Anda dehidrasi.

8. Anda mudah marah

Dampak dehidrasi pada otak bisa menyebabkan kondisi mudah marah dan sulit fokus, meskipun Anda hanya sedikit dehidrasi.

"Seseorang bisa saja kesulitan melalui hari dan menyelesaikan tugas-tugasnya," ujar Okeke-Igbokwe.

Jadi, yang perlu digarisbawahi adalah hidup akan jadi lebih baik saat Anda terhidrasi, pastikan untuk selalu menyediakan air di dekat Anda.

Dilansir: liputan6

Foto: google

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});