Inilah Waktu Tidur yang Tepat untuk Remaja

Inilah Waktu Tidur yang Tepat untuk Remaja

Jumat, 26 Feb 2016 | 19:00 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Bukan hal awam lagi bahwa tidur terlalu larut bisa merusak produktivitas keesokan hari. Tak hanya mengganggu konsentrasi, tidur terlalu larut juga bisa berpengaruh pada kesehatan, terutama bagai sebagian remaja yang bersekolah.

Pada remaja tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) aktivitas tambahan seperti ekstrakurikuler formal maupun non-formal sering kali membuat remaja mendapatkan jam tidur yang kurang dari cukup, akibat terlalu memforsir diri.

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of Sleep Research menunjukkan, remaja harus tidur di pukul 22.00 hingga 23.00 malam agar mendapatkan prestasi yang lebih baik.

Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Uni Research yang bekerjasama dengan Norwegian Institute of Public Health, Orebro University, dan University of California, Berkeley, melihat data sejak 2012 pada 8 ribu remaja Norwegia berusia 16 hingga 19 tahun terhadap catatan akademis dan jam tidur mereka.

Peneliti menemukan remaja yang tidur antara pukul 22.00 hingga 23.00 selama seminggu memiliki nilai yang lebih memuaskan dalam kelompoknya.

"Temuan kami menunjukkan bahwa tidur lebih awal dan tidur di waktu yang sama selama minggu berpengaruh baik terhadap nilai akademisnya," ungkap peneliti.

Dilansir dari laman Real Simple 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...